6 Tips Memilih Souvenir Pernikahan
Posted by nadia on 8th August 2017
| 41 views

“Souvenir pernikahan adalah sesuatu yang menjadi simbol ucapan terima kasih dan penghormatan kepada tamu undangan yang sudah meluangkan waktu untuk menghadiri pesta pernikahan. “

Tips Memilih souvenir pernikahan terbaik untuk tamu undangan memang gampang-gampang susah. Kamu dan pasangan harus memilih dengan cermat agar souvenir pernikahanmu dapat bermanfaat dan tidak dibuang begitu saja.

tips memilih souvenir pernikahan terbaik

Namun terkadang banyak pertimbangan untuk memilih souvenir pernikahan. Sebab disamping manfaatnya, perlu dipikirkan juga budget yang kamu miliki untuk souvenir pernikahan.

Untuk memudahkan kamu dalam prosesnya, Tips Pernikahan punya 6 tips memilih souvenir pernikahan:

  1. Pertimbangkan jumlah dan harga

tips memilih souvenir pernikahan terbaik

Sebagai pertimbangan awal, kamu harus menyiapkan jumlah souvenir pernikahan sedikit lebih banyak daripada jumlah undangan yang kamu sebarkan. Penambahan ini bertujuan untuk menghindari apabila ada souvenir yang rusak atau hilang. Sering terjadi souvenir pernikahan terselip atau tidak terbawa ke tempat resepsi pernikahan. Persiapkan anggaran untuk souvenir dibagi dengan jumlah undangan, sehingga kamu tahu berapa kira-kira biaya untuk satu souvenir di acara pernikahanmu kelak.

  1. Banyak bertanya dan rajin cari referensi

Outdoor Wedding Venue Terbaik di Indonesia

Setelah tahu estimasi harga souvenir yang cocok untuk pernikahanmu nanti, segeralah berburu souvenir ke tempat-tempat yang biasa menjual souvenir pernikahan. Selain itu kamu juga bisa bertanya pada kerabat atau teman yang telah melangsungkan pernikahan untuk mendapat referensi tempat membeli souvenir pernikahan yang bagus. Kamu juga perlu tahu apakah si pembuat souvenir dapat menyelesaikan pesanan tepat waktu, serta menjaga kualitasnya. Kalau kamu tidak punya waktu untuk mencari souvenir pernikahan, kamu bisa minta tolong dengan wedding organizer pilihanmu. Biasanya mereka sudah memiliki koneksi ke para pembuat souvenir pernikahan murah.

  1. Pilih souvenir yang bermanfaat ataupun bisa dipajang

tips memilih souvenir pernikahan terbaik, tips memilih souvenir pernikahan

Ada begitu banyak pilihan barang yang bisa dijadikan souvenir pernikahan. Namun diatas semua itu, pilihlah souvenir yang bermanfaat untuk tamu, namun dengan tetap mempertimbangkan harga. Seringkali pengantin memberikan hadiah yang memiliki manfaat tinggi namun berkualitas jelek karena terbentur masalah biaya, misal notes, kalkulator, hingga alat manicure. Meskipun bermanfaat, apabila barang tersebut berkualitas jelek tentu hanya dipakai sebentar terus dibuang, sayang sekali bukan?

Alternatifnya, kamu bisa pilih souvenir pernikahan unik dan cantik yang bisa dipajang tamu undangan. Souvenir pernikahan yang dipajang tentu lebih tahan lama dan disukai karena memperindah ruangan. Pastikan souvenir pernikahanmu tidak terlalu maskulin atau feminin sehingga cocok untuk segala tamu. Misalnya pena ukir, gelas, ataupun mug keramik.

  1. Hias souvenir dengan pita

tips memilih souvenir pernikahan terbaik

Souvenir pernikahanmu akan tampak lebih cantik dan sopan apabila dibungkus dengan wadah khusus atau setidaknya plastik. Cara ini untuk menunjukkan bahwa kamu berterima kasih sekaligus mengharga tamu undangan yang telah menyempatkan diri hadir. Pita untuk souvenir bisa juga menggunakan warna yang sama dengan tema pesta. Kamu juga bisa menyematkan kartu ucapan terima kasih.

  1. Ukuran yang tepat

tips memilih souvenir pernikahan terbaik

Terkadang tamu undangan tidak hanya menghadiri pernikahanmu saja. Malah seringkali satu orang memiliki banyak agenda menghadiri pernikahan di hari yang sama dengan pernikahanmu. Agar tidak menyusahkan mereka ketika membawa souvenir pernikahanmu, usahakan agar souvenir mudah dibawa-bawa oleh tamu undangan. Pilih ukuran yang tepat. Tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil.

  1. Inisial nama jangan terlalu besar

tips memilih souvenir pernikahan terbaik

Banyak pengantin yang ingin menunjukkan inisial mereka di souvenir pernikahan mereka. Tidak ada masalah tentang itu. Namun menurut hasil pengamatan kami dari berbagai email yang masuk ataupun DM di Instagram kami, banyak tamu undagan yang kurang suka dengan inisial nama yang terlalu besar. Bila kamu ingin tetap menyematkan inisial nama di souvenir pernikahan, taruh di sudut dan jangan terlalu besar.

Semoga tips memilih souvenir pernikahan di atas dapat bermanfaat dan tidak membuat kamu pusing saat memilih souvenir. Semalat berburu souvenir pernikahan ya!