Bepergian Jauh Saat Hamil, Amankah?
Posted by nadia on 14th June 2017
| 67 views

Bepergian jauh saat hamil – Banyak yang sampai saat ini bertanya – tanya apakah bepergian jauh saat hamil aman? Sebenarnya ada beberapa aspek tentang aman tidaknya bepergian jauh saat hamil. Jika ibu hamil dalam kondisi memungkinkan untuk bepergian jauh, tidak masalah baginya untuk bepergian jauh. Akan tetapi jika kondisi ibu hamil memang tidak memungkinkan untuk bepergian jauh maka pertimbangkan kembali untuk melakukannya demi keamanan janin didalam rahim Anda tentunya.

Jika Anda masih perlu merasa bepergian jauh dimana kondisi Anda dalam keadaan hamil, ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan sehubungan dengan hal tersebut. Berikut ini tips aman bepergian jauh saat hamil yang bisa Anda terapkan.

Tips Aman Bepergian Jauh Saat Hamil

Bepergian Jauh Saat Hamil
Tips aman bepergian saat hamil. Source: Tips Pernikahan

Utamakan kenyamanan

Karena kini Anda sudah berbadan dua, baiknya Anda siapkan berbagai keperluan yang sewaktu – waktu Anda butuhkan. Dalam hal ini Anda perlu utamakan tingkat kenyamanan Anda di waktu melakukan perjalanan. Sebagai contoh, Anda bisa gunakan alas kaki yang punya hak rata seperti sandal atau sepatu. Kemudian pilih juga pakaian yang punya bahan kain untuk menyerap keringat dengan baik agar Anda juga terhindari dari rasa panas.

Jangan merasa tegang

Selama Anda melakukan perjalanan jauh, lebih baik jika Anda mampu bersikap tenang dan bersikap rileks. Cari posisi duduk yang paling nyaman untuk Anda. Hindari juga pikiran – pikiran negatif yang dapat membuat pikiran Anda jadi tidak tenang. Selalu penuhi pikiran Anda dengan berbagai hal positif. Jangan lupa hindari mobil yang ngebut dan minta semua orang menjaga tempo perjalanan Anda. Jika ada jalan berlubang, hindari lubang tersebut dan jangan sampai Anda merasa tidak nyaman selama perjalanan karena akan berpengaruh pada kondisi janin Anda.

Siapkan makanan dan minuman untuk menemani perjalanan

Bagi ibu hamil muda, seringkali bahaya morning sickness menghantui Anda. Dalam hal ini baiknya Anda tidak melakukan perjalanan jauh dengan kondisi perut kosong. Siapkan beberapa makanan kecil dan minuman untuk teman ketika perjalanan Anda lakukan. Berbeda ketika belum hamil, Anda bisa mengira – ngira sendiri kapan waktunya makan namun ketika hamil Anda tidak tahu kapan Anda mulai merasa lapar. Dan jika sudah lapar jangan tunda untuk makan.

Pemilihan waktu yang tepat

Jika kandungan Anda memang terbukti aman melalui check up yang telah dilakukan, maka Anda bisa melakukan perjalanan pada periode kehamilan 14 minggu sampai dengan 28 minggu. Periode ini aman untuk melakukan perjalanan dan jangan kurang atau lebih dari usia kandungan tersebut.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan pada saat bepergian jauh saat hamil. Dengan cara diatas Anda bisa aman dalam bepergian jauh.