Cara Mengatasi Berkurangnya Nafsu Makan Ibu Hamil
Posted by nadia on 9th June 2017
| 34 views

Cara mengatasi berkurangnya nafsu makan ibu hamil – sebagian besar wanita merasa takut mengalami berat badan yang berlebih. Wanita hamil pun juga merasa was-was jika berat badan yang dimilikinya tidak kembali seperti semula. Sehingga wanita hamil banyak yang membatasi diri saat mengkonsumsi makanan selama masa kehamilan. Meskipun sebenarnya nutrisi yang cukup bisa membantu tumbuh kembang sang janin. Namun bagaimana dengan kondisi ibu hamil yang telah kehilangan nafsu makan? Yang umumnya dikeluhkan ibu hamil ketika minggu-minggu awal masa kehamilan mereka.

Beberapa gejala wanita berkaitan dengan kurangnya nafsu makan selama kehamilan termasuk perasaan umum seperti sakit, merasa mual, dan benar-benar ingin muntah. Beberapa ibu hamil lebih ekstra sensitif terhadap bau makanan, yang membuat mereka merasa mual dan muntah, sementara yang lain mendapatkan rasa asam di mulut yang membuat mereka tidak mau makan sama sekali.

Apalagi beberapa ibu hamil juga tidak merasa seperti mengkonsumsi apapun dan mampu bertahan berjam-jam tanpa harus makan. Walaupun hal itu akan memicu adanya gangguan kesehatan ibu maupun janinnya. Ibu hamil lainnya juga sering mendambakan makanan tertentu dan membenci makanan lainnya. Sementara sebagian ibu hamil suasana hatinya juga mempengaruhi kurangnya keinginnan untuk makanan tertentu. Karena nafsu makan yang hilang, ibu hamil akan mengalami penurunan berat tubuh di awal kehamilannya. Jika anda mengalami hal tersebut, lakukan Cara mengatasi berkurangnya nafsu makan ibu hamil berikut ini :

1. Konsumsi Sup.

Saat kehilangan nafsu makan pada nasi, maka silahkan ganti dengan mengkonsumsi sup makaroni ataupun sup jagung ketika siang hari. Anda pun bisa membuat sup yang kandungan seratnya banyak dan kaya nutrisi dengan berbagai jenis sayuran, kacang kacangan maupun protein yang berasal dari daging yang mengandung bebas lemak. Mengkonsumsi sup terbukti mampu menambah nafsu makan secara alami untuk tubuh. Konsumsi sup juga bisa merangsang selera makan. Ini juga termasuk cara yang bagus untuk menikmati kehamilan anda.

2. Konsumsi salad mampu menambah nafsu makan selama masa kehamilan.

Siang ataupun sore hari anda juga bisa mengkonsumsi salad. Yang terdiri atas buah dan juga sayur-sayuran segar serta mayonaise ataupun cream lainnya bisa merangsang nafsu makan ibu hamil. Ketika seseorang makan salad, akan menjaga tubuh terhadap makanan kalori berlebih sehingga ibu hamil tidak akan mengalami sembelit.

3. Konsumsi susu rendah lemak.

Bila anda benar-benar susah makan, konsumsilah susu dengan kandungan lemak yang rendah. Susu rendah lemak memang cara paling baik untuk memperoleh lebih dari 2 protein yang dianggap menjadi pengatur nafsu makan. Untuk anda yang rutin mengkonsumsi susu kehamilan disamping akan mendapat nutrisi tambahan bagi janin juga mampu membantu menyediakan energi.

4. Mengkonsumsi olahan dari kedelai.

Pada kedelei mempunyai kandungan protein serta lemak baik sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika anda berkurang nafsu makannya, konsumsilah susu kedelai yang dicampur dengan buah buahan. Disarankan juga untuk membuat jus dari susu kedelai dicampur buah pisang. Jus kedelai pisang sangat nikmat dengan kandungan nutrisi yang banyak sehingga diperlukan oleh wanita hamil. Selain itu, mengkonsumsi jus kedelai pisang juga bisa meningkatkan nafsu makan yang menurun selama masa kehamilan.

5. Cemilan dari kacang.

Mengkonsumsi kacang kacangan terbukti dapat membantu mejaga nafsu makan agar tetap terkontrol. Bila  anda tidak dapat mengkonsumsi nasi ataupun makanan pokok lainnya, bisa mencoba mengkonsumsi kacang merah. Anda bisa mengolah kacang merah menjadi olahan es kacang merah ataupun jus kacang merah. Rasa yang nikmat, ditambah kandungan gizi tinggi akan merangsang nafsu makan selama kehamilan anda. Cara mengatasi berkurangnya nafsu makan ibu hamil diatas bisa anda coba ketika anda hamil.