Cara Mengatasi Kekecewaan Saat Pernikahan Tak ‘Semeriah’ yang Dibayangkan
Posted by nadia on 1st June 2017
| 149 views

Cara Mengatasi Kekecewaan Saat Pernikahan Tak ‘Semeriah’ yang Dibayangkan – Setiap orang pasti memiliki impian pernikahan masing-masing. Tak heran setiap pasangan yang melangsungkan resepsi pernikahan memiliki tema dan keinginan masing-masing sebab pernikahan merupakan peristiwa sakral yang hanya terjadi sekali seumur hidup.

Hanya saja, sering terjadi keinginan untuk memiliki acara pernikahan yang megah dan meriah seperti yang telah lama diimpikan tidak tercapai.

Faktor utama penyebab kurang meriahnya acara pesta pernikahan adalah masalah biaya. Karena itu, demi menyelenggarakan pesta pernikahan sebaiknya Anda memprioritaskan kebutuhan utama daripada ‘habis-habisan’ menggelar pesta namun kemudian Anda malah berhutang dimana-mana.

Ada banyak cara untuk menekan biaya resepsi pernikahan seperti dengan tidak memberikan seragam kepada teman dan keluarga jauh. Anda bisa mensiasati dengan memberikan dress code untuk mereka di acara pernikahan Anda. Anda juga bisa memberikan souvenir yang murah meriah untuk tamu undangan Anda. [Baca: Ide dan Aneka Souvenir Pernikahan Unik dan Murah yang Bisa Anda Coba]

Kendati begitu, pernikahan adalah acara sakral yang hanya terjadi seumur hidup sekali (bagi kebanyakan orang). Tak heran, kalau Anda ingin acara resepsi pernikahan yang berbeda dari orang pada umumnya. Anda tentu ingin merencanakan acara pernikahan yang unik bagi Anda dan pasangan.

Apa sih penyebab orang ingin menikah secara mewah dan megah?

Menurut psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Tiara Puspita M.Psi, perasaan seseorang terutama wanita ingin memiliki pernikahan impian yang meriah dan megah, minimal seperti orang lain muncul akibat pengaruh media.

Terlebih seorang wanita sejak kecil telah mendengar dan dibubuhi kisah tentang putri yang menikah dengan pangeran tampan dengan acara yang bikin banyak orang terpesona. Tak heran, ketika ia dewasa, seorang wanita ingin memiliki acara pesta pernikahan seperti apa yang ia dambakan sejak kecil.

Selain media, lingkungan pertemanan juga memberikan pengaruh. Biasanya cewek kalau lihat pernikahan temannya ada rasanya ingin seperti itu juga. Dulu acara pernikahan hanya akad dan resepsi. Kini ada makin banyak perintilan pernikahan, mulai dari bridal shower, prewedding, hingga acara lamaran yang dirancang sedemikian rupa. jadi kebutuhan pernikahan makin banyak.

Karena itu, penting bagi seorang wanita yang hendak menikah untuk menentukan prioritas apa yang paling penting untuk si calon pengantin di acara pernikahan itu sendiri. Bagaimana cara menentukan prioritas untuk pesta pernikahan?

1. Utamakan keluarga terdekat untuk hadir
2. Prioritaskan aspek dari acara itu sendiri, seperti menentukan venue pernikahan dan tema pernikahan
3. Perhatikan urusan makanan, intinya makanan yang disajikan enak dan lezat
4. Untuk dekorasi, pilih yang kelasnya ‘tidak terlalu tinggi’ agar biaya pernikahan tidak membengkak

Dekorasi pernikahan memang menjadi pembeda acara pesta pernikahan yang mewah dan yang biasa saja. Karena itu, bila Anda mempunyai budget terbatas silahkan cari penyedia jasa dekorasi pernikahan yang ‘kelas menengah’ di kota Anda. Jangan memaksakan diri untuk membuat dekorasi pernikahan yang mewah dan megah seperti teman Anda ataupun yang Anda liat di Instagram.

Perlu diperhatikan, untuk budget tertentu ada kualitas tertentu yang diberikan vendor pernikahan. Istilahnya ‘ada harga, ada rupa’. Jangan sampai Anda memakai vendor dekorasi pernikahan yang biasa namun mengharapkan kualitas kelas atas. Terimalah dan jangan bandingkan dengan orang lain.

Untuk menerima kenyataan, Anda perlu menyadari keterbatas diri dan jangan hanya melihat orang lain. Membanding-bandingkan dengan orang lain justru akan menyakiti diri Anda sendiri. Besyukurlah dengan apa yang Anda miliki. Dan nikmatilah masa-masa pernikahan Anda bersama kekasih pujaan…