Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar Tidak Keguguran
Posted by nadia on 7th June 2017
| 64 views

Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar Tidak Keguguran – kehamilan terbagi kedalam tiga trimester. Pada trimester pertama adalah masa dimana janin dalam kandungan masih rapuh sehingga rentan mengalami keguguran. Disebabkan saat itu janin masih belum terbentuk secara sempurna. Sebagai seorang calon ibu pastinya Anda tak ingin sesuatu hal terjadi dengan bayi Anda. Jadi sangat penting sekali anda mengetahui Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar Tidak Keguguran.  Dibawah ini beberapa tips mudah bisa Anda lakukan agar kandungan pada trimester pertama tetap terjaga.

1. Tetap Semangat Beraktivitas.

Walaupun Anda harus berhati-hati pada trimester pertama, disebabkan janin yang belum sempurna, ini bukan berarti jika Anda harus tidur terus menerus dan tidak melakukan aktivitas. Justru karena kurang bergerak akan menjadikan janin tidak sehat serta otot tubuh menjadi lemah. Jadi anda harus selalu beraktivitas seperti biasa asalkan tidak terlalu berbahaya seperti mengangkat beban berat. Lakukan rutinitas biasa sehari-hari dengan hati-hati. Terutama ketika kamu dan pasangan harus pindah ke rumah baru dan itu membutuhkan banyak tenaga. Sebab sebagai pasangan baru kalian harus memiliki perlengkapan rumah tangga yang pengantin baru harus punya agar kehidupan setelah berumah tangga lebih nyaman.

2. Lakukan Olahraga Ringan.

Melakukan olahraga juga penting bagi kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan, jadi sempatkanlah waktu melakukan olahraga ringan misalnya jogging ataupun berjalan kaki. Olahraga ini mudah dan murah, jadi Anda tidak akan menghabiskan banyak uang untuk melakukan olahraga ini.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi.

Kebanyakan wanita yang sedang dalam masa kehamilan akan mengalami perubahan terhadap nafsu makan karena ada faktor hormonal. Seperti timbulnya rasa mual maupun muntah. Walaupun ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang tercukupi, namun Anda juga tak perlu terlalu memaksakan untuk memilih makanan yang tidak suka untuk dikonsumsi. Hindari makanan yang menjadi pantangan untuk ibu hamil yang dapat membuat Anda mual. Jadi, tetap pilih makanan yang menyehatkan seperti buah dengan sayuran. Makanlah dengan porsi yang kecil tapi berulang-ulang supaya tubuh anda tetap mendapat energi. Makan dengan porsi kecil juga bagus untuk perut selama masa kehamilan. Itu karena ketika hamil trimester pertama umumnya perut terasa kembung. Disebabkan oleh gas yang telah terkumpul dalam perut ketika hormone progesterone meningkat.

4. Hindari Emosi dan Stress.

Adanya perubahan Hormonal yang dialami pada trimester pertama selama kehamilan juga berakibat pada psikologis wanita. Biasanya wanita yang mengalami masa kehamilan muda cenderung sensitif atau mudah tersinggung. Jadi, jika hal ini tidak dikelola secara baik akan mengakibatkan stress yang berdampak terhadap kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Sehingga usahakan agar mempersiapkan diri supaya lebih sabar agar emosi Anda bisa terkontrol secara baik. Selain itu, menjaga emosi juga untuk menjaga agar frekuensi berhubungan intim dengan pasangan terjaga. Karena seberapa seringnya berhubungan intim dengan suami mempengaruhi cepat lambatnya kehamilan. 

5. Konsultasikan dengan Dokter.

Bila terdapat hal-hal yang mengganggu selama trimester pertama, anda bisa menceritakan pada dokter kandungan Anda untuk mendapat solusinya. Ungkapkan pada dokter Anda tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam masa kehamilan dan apa yang Anda khawatirkan dengan kondisi tersebut. Rajin melakukan pemeriksaan akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan bayi. Sehingga Anda mendapat saran dan masukan oleh dokter ahli tentang apa yang boleh atau yang tidak dianjurkan. Tanyakan juga pada dokter apakah wanita yang sedang hamil boleh dipijat?

6. Istirahat yang Cukup.

Bila Anda merasa lelah dalam beraktivitas, usahakan istirahat dan biarkan tubuh bersantai sejenak. Tak perlu memaksakan diri terus bergerak bila memang sudah lelah. Ini juga sangat perlu diperhatikan apalagi untuk wanita karir yang biasa bekerja diluar. Usahakan untuk tak terlalu memikirkan pekerjaan dan seimbangkan waktu untuk bekerja dan istirahat yang lebih. Anda juga harus perhatikan posisi tidur yang memang berbahaya untuk ibu hamil supaya Anda bisa beristirahat dalam posisi yang tepat. Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar Tidak Keguguran dari Tips Pernikahan ini bisa anda jadikan pertimbangan ketika masa kehamilan trimester pertama.