8 Tips Memulai Usaha Catering Palembang
Posted by nadia on 3rd September 2017
| 51 views

Bagi Anda yang mempunyai ide untuk buka usaha Catering Palembang, berikut ini kami berikan beberapa tips yang mampu membantu Anda merealisasikan ide usaha Anda. Hampir semua acara yang mengundang tamu dalam jumlah banyak saat ini menggunakan jasa catering.

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan ingin mencoba memiliki usaha dari rumah, maka bisnis catering dapat menjadi alternatif usaha yang ideal untuk Anda.

catering palembang, catering palembang murah, catering palembang pernikahan, paket catering palembang, harga catering palembang, catering palembang terbaik, paket catering palembang murah

Pengelola catering tidak perlu meninggalkan rumah dan urusan rumah tangga, sehingga mereka meskipun sambil menjalankan usaha tetap bisa mengontrol suami dan anak-anak di rumah. Pemilik bisnis catering dapat menggaji karyawan untuk memasak. Fokus seorang pemilik usaha adalah mengontrol keuangan, memperhatikan produkasi makanan, dan mempromosikan usaha.

Baca Juga: Cara Menentukan Jumlah Porsi Catering yang Ideal

Dengan bekal kemampuan memasak yang memadai dan mengerti selera konsumen, sebuah usaha jasa catering Palembang dapat dimulai.

Berikut beberapa langkah untuk memulai usaha Catering Palembang:

1. Mulailah dari hobi memasak

Apabila Anda memiliki hobi memasak, maka semangat untuk menjalani usaha ini tidak mudah padam. Terutama dalam menghadapi keadaan yang kurang diharapkan seperti usaha catering sedang mengalami kendala, sedang serpi orderan, dll. Anda tidak gampang patah semangat, dan selalu berusaha bangkit untuk terus maju. Sebab salah satu kunci keberhasilan adalah melakukan dengan senang hati.

2. Pikirkan lokasi tersendiri untuk tempat produksi

Dalam mengelola bisnis catering, maka diperlukan ruangan khusus untuk memasak pesanan makanan dalam jumlah besar. Memasak untuk pesanan klien tentu akan memakan banyak ruang sehingga kemungkinan dapur yang dimiliki saat ini tidak akan mencukupi. Karena itu, mulailah pikirkan ruangan tersendiri untuk mengelola dapur kerja catering Palembang Anda.

3. Investasikan uang untuk membeli bahan makanan dan peralatan memasak

Untuk membesarkan usaha catering Anda, adalah sebuah keharusan untuk menginvestasikan uang untuk membeli bahan makanan terbaik dan peralatan memasak. Peralatan memasak untuk bisnis catering tentu lebih besar dan beragam daripada peralatan memasak rumah tangga biasa. Ukuran alat-alat memasak untuk bisnis jasa catering pun lebih besar. Karena itu ketika pesanan makin banyak dan omzet melimpah, maka Anda harus membeli peralatan memasak yang lebih representatif untuk usaha Anda. Peralatan memasak yang baik mampu membuat pekerjaan Anda lebih efisien.

4. Carilah karyawan yang cukup untuk membentu produksi dan pemasaran nasi kotak

Jika Anda belum memiliki anggaran yang cukup untuk merekrut karyawan, cobalah untuk meminta bantuan dari sanak saudara ataupun tetangga yang memiliki waktu senggang. Ketika sudah mempunyai anggaran, rekrutlah karyawan secukupnya sesuai dengan kebutuhan kita.

5. Pelajari lebih banyak tentang usaha dan dunia kuliner

Sebelum terjun ke usaha bisnis catering Palembang, lebih baik kalau Anda mempunyai wawasan kuliner yang luas. Hal ini sangat penting sebagai dasar Anda berwirausaha di bidang kuliner. Sebab tanpa pengetahuan yang cukup, Anda akan kurang maksimal dalam merespon keinginan konsumen. Karena itu, memiliki wawasan yang luas di dunia kuliner membuat Anda dapat menawarkan beragam menu yang bisa ditawarkan kepada pelanggan.

6. Bualah daftar pilihan paket menu catering yang beragam

Susun menu yang akan dihidangkan untuk calon klien sehingga Anda dapat mempromosikannya dalam bentuk brosur maupun banner, sehingga dapat diperlihatkan kepada calon pelanggan yang berkunjung ataupun sekedar tanya-tanya. Makin banyak pilihan menu yang ditawarkan, maka makin tertarik pelanggan untuk mencicipi cita rasa masakan catering Anda.

7. Tentukan alamat kontak dan nomor telepon yang representatif

Alamat kontak dan nomor telepon sangat perlu supaya kita dapat dihubungi kapan saja sehingga pelanggan bisa memesan tanpa harus kerepotan atau merasa kesulitan untuk menghubungi kita.

8. Pastikan Anda memiliki beberapa supplier untuk stok bahan baku

Anda harus menyediakan bahan baku makanan minimal kurang lebih 20% dari pesanan sehingga tidak akan terjadi kekurangan persediaan bahan baku masakan. Tentu Anda tidak ingin bukan kalau bahan makanan yang Anda pakai tidak memenuhi jumlah pesanan.


Selain mempersiapkan hal-hal diatas, kunci lain untuk sukses di bisnis Catering Palembang adalah melalui marketing. Berhubung usaha Anda masih terbilang baru, maka cara yang paling tepat untuk mempromosikan usaha Anda adalah melalui marketing online.

Berikut langkah-langkah dan kiat marketing online untuk mempromosikan usaha Catering Palembang, yaitu:

  • Riset kata kunci pencarian online melalui google, cari tahu apa yang sering dicari orang ketika mereka membutuhkan jasa Catering Palembang
  • Buat website sebagai representasi bisnis Anda di dunia maya (bisa bikin sendiri atau sewa jasa bikin website)
  • Beli nama domain website yang sesuai dengan kata kunci yang sering dicari orang, atau Anda bisa juga menggunakan nama usaha Catering Palembang Anda sebagai nama domain.
  • Gunakan jasa SEO untuk membuat jasa Catering Palembang Anda berada di halaman pertama pencarian
  • Jika sudah berada di halaman satu pencarian, maka anda harus sudah siap dengan segala bentuk komunikasi dan korespondensi untuk berhubungan dengan konsumen

Sedangkan untuk marketing offline, Anda dapat memasakan usaha catering Palembang Anda sebagai berikut:

  1. Berikan kartu nama Anda kepada pelanggan atau orang lain yang kemungkinan akan menjadi pelanggan potensial
  2. Bangun hubungan yang harmonis dengan orang-orang yang pernah menggunakan jasa Anda (existing customer)
  3. Bangun jejaring pertemanan seluas-luasnya dan pastikan mereka tahu Anda memiliki bisnis catering
  4. Berikan diskon / potongan harga jika ada yang memesan dalam jumlah besar atau berulang kali (repeat order). Pelanggan yang diberi diskon, pastiknya akan tertarik untuk memesan lagi.. Ini merupakan strategi jitu dalam mempertahankan loyal customer. 

Demikianlah uraian 8 Tips Memulai Usaha Catering Palembang, semoga dapat lebih menginspirasi jiwa wirausaha Anda.