Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah pada Ibu Hamil Dengan Aman
Posted by nadia on 7th June 2017
| 76 views

Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah pada Ibu Hamil – kekurangan hemoglobin adalah salah satu masalah yang paling rentan di alami para ibu hamil. Kekurangan hemoglobin juga sering disebut sebagai penyakit anemia. Hemoglobin merupakan kandungan protein pada sel darah merah dan mengandung zat besi tinggi. Manfaat hemoglobin ini sangat penting yakni sebagai pemberi oksigen dalam darah menuju saluran pernafasan kemudian oksigen tersebut masuk di seluruh jaringan tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah Pada Ibu Hamil.

Pentingnya Hemoglobin dalam Darah.

Pentingnya zat hemoglobin pada sel darah merah bisa berakibat fatal jika kekurangan zat ini. Terutama bagi ibu hamil yang tengah mengalami kekurangan hemoglobin pada darahnya memang sangat berbahaya. Tidak hanya bagi ibu namun juga untuk perkembangan janin dalam perutnya. Oleh sebab itu, hal yang perlu diwaspadai bagi ibu hamil ialah kondisi hemoglobin pada sel darah merah. Sebab hemoglobin rendan akan memicu anemia pada ibu hamil.

Bagi ibu hamil yang tengah mengalami kekurangan hemoglobin bisa terganggu peredaran darah maupun oksigennya di seluruh tubuh. Sebenarnya pada ibu hamil justru memerlukan sel darah merah serta hemoglobin yang cukup penting untuk perkembangan bayi dalam perut. Untuk ibu hamil, kurangnya sel darah merah tergolong menjadi level yang ringan serta level berat. Sehingga ringan atau berat harus segera ditangani karena bahayanya bagi kesehatan ibu maupun janinnya.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi jumlah hemoglobin yang rendah sebenarnya lebih efektif bila sudah diketahui apa saja yang menjadi penyebab rendahnya kadar hemoglobin. Pada beberapa kasus, adanya pemberian obat maupun suplemen sudah cukup dalam mengatasi masalah ini. Tapi hal ini juga akan menjadi lebih parah serta harus dilakukan operasi untuk meningkatkan jumlah hemoglobin pada sel darah merah. Jumlah hemoglobin pada sel darah merah memang sangat penting diperhatikan khususnya pada saat ibu hamil. Bila anda mengalami kekurangan hemoglobin, bisa mengatasinya dengan cara berikut ini :

Perbanyak konsumsi makanan penuh gizi.

Sebaiknya bagi ibu hamil harus memperbanyak konsumsi makanan yang didalamnya mengandung zat asam folat, zat besi, vitamin C, serta vitamin B12. Zat-zat itu sangat ampuh untuk mengatasi rendahnya hemoglobin yang terjadi dalam tubuh.

Hindari mengkonsumsi makanan pencegah penyerapan zat besi.

Bagi ibu hamil jangan berlebihan mengkonsumsi makanan yang bisa mencegah penyerapan asupan zat besi pada sel darah merah. Misalnya makanan yang mengandung lebih banyak serat, kalsium, dan kafein seperti pada bahaya kopi ataupun coklat. Hal tersebut sangat penting karena di beberapa masalah kekurangan jumlah hemoglobin dalam tubuh tersebut dikarenakan kurangnya zat besi. Umumnya dokter akan memberi suplemen yang mengandung asupan zat besi serta memberi resep makanan yang banyak mengandung zat besi.

Jangan konsumsi obat-obatan mengandung zat fosfat dan antasida.

Ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi obat-obatan yang didalamnya mengandung zat fosfat serta antasida. Bila memang mengkonsumsi obat, sebaiknya dari petunjuk dan resep dokter jangan sampai mengkonsumsi jenis obat sembarangan.

Olaharaga rutin

Ibu hamil harus melakukan olahraga ringan secara rutin misalnya jalan-jalan saat pagi hari ataupun bisa melakukan senam bagi ibu hamil.

Ketahui penyebabnya

Seperti sudah dijelaskan akan lebih baik mengetahui lebih dahulu apa penyebab kurangnya hemoglobin dalam sel darah. Bila hemoglobin rendah karena mengalami pendarahan, maka langkah paling baik ialah dengan cara menutup luka tersebut. Bila disebabkan karena anemia, maka secepatnya akan diberi obat penambah sel darah merah.

Atur jam istirahat

Bagi ibu hamil yang punya kadar hemoglobin rendah, maka disarankan agar mengatur jam istirahat serta tidur yang cukup. Hindari melakukan aktivitas yang bisa menguras banyak energi. Hal ini bertujuan agar bisa mencegah Anda merasa kelelahan dan supaya gangguan kesehatan Anda juga tidak semakin parah. Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah Pada Ibu Hamil diatas bisa anda coba jika anda mengalami hemoglobin yang rendah ketika hamil.