Cara Ampuh Mengatasi Infeksi Pada Masa Kehamilan
Posted by nadia on 14th June 2017
| 80 views

Infeksi pada masa kehamilan – Infeksi pada saluran kemih memang bisa terjadi pada ibu hamil. Bahkan banyak ibu hamil yang mengalami kondisi infeksi pada saluran kemihnya selama kehamilan mereka alami. Bahkan infeksi ini dimulai di trimester awal pada beberapa orang dan berakhir sampai dengan mereka melahirkan walaupun beberapa ibu hamil juga sembuh dari infeksi sebelum mereka melahirkan.

Infeksi pada masa kehamilan sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara.  Berikut ini kami berikan uraiannya untuk Anda bagaimana cara ampuh dalam rangka mengatasi infeksi pada masa kehamilan yang dapat Anda terapkan. Mari kita langsung simak dan cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Infeksi Pada Masa Kehamilan

Infeksi pada masa kehamilan

Antibiotik oral untuk cystitis dan bakteriuria asimtomatik

Antibiotik oral diberikan supaya dapat dikonsumsi ibu hamil. Obat ini berbentuk kapsul atau tablet yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih tipe cystitis dan bakteriuria asimtomatik. Beberapa jenis obat yang akan diberikan seperti cephalexin @500 mg (dikonsumsi 4 kali sehari), nitrofurantoin @100 mg (dikonsumsi 2 kali sehari), ampicillin @500 mg (dikonsumsi 4 kali sehari), sulfisoxazole @1 gram (4 kali sehari).

Perawatan untuk pielonefritis

Jika ibu hamil terkena kondisi infeksi saluran kemih dengan tipe pielonefritis maka ibu hamil harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Ibu akan menerima cairan infus dengan kandungan sefalosporin atau gentamisin. Karena ibu memang cenderung mengalami mual dan muntah yang berat maka pemberian cairan infus harus dilakukan dengan hati – hati. Kelebihan ketika pemberian cairan infus dapat memberikan masalah pada ibu hamil karena terjadinya penumpukan cairan di bagian paru – paru yang bisa menyebabkan sindrom pernapasan akut untuk ibu hamil.

Baca: tips aman mengatasi sakit pinggang saat hamil muda dan tua

Obat antipiretik

Demam yang terjadi pada ibu hamil juga bisa diatasi dengan obat antipiretik seperti acetaminophen. Kemudian kondisi tubuh ibu hamil harus mendapatkan pantauan baik itu dengan melakukan rawat inap di rumah sakit atau yang lain sehingga Anda dinyatakan sembuh total.

Baca: alasan ibu hamil sering alami penyakit asam lambung

Tindakan operasi

Tindakan operasi yang dilakukan untuk menyembuhkan infeksi pada masa kehamilan sebenarnya sangat jarang dilakukan. Kondisi ini dilakukan hanya jika dokter menemukan adanya faktor patologis yang bisa membahayakan pada ibu dan janin.

Beberapa hal yang bisa mendorong tindakan operasi pada infeksi pada masa kehamilan diantaranya batu kandung kemih, sindrom uretra, infeksi saluran kemih bagian bawah, kanker kandung kemih dan interstitial systitis. Tindakan operasi juga hanya bisa dilakukan jika ibu sakit sudah berada di trimester kedua kehamilan ketika terjadi infeksi pada masa kehamilannya. Karena di trimester pertama masih memberikan peluang keguguran yang besar.

Baca: 5 hal yang sering mengganggu saat trisemester pertama kehamilan

Itulah kira – kira beberapa cara ampuh mengatasi infeksi pada masa kehamilan yang dapat diterapkan. Semoga informasi diatas bermanfaat.