Berapakah Jumlah Porsi Makanan Pernikahan yang Ideal?
Posted by nadia on 6th June 2017
| 177 views

Jumlah Porsi Makanan Pernikahan yang Ideal – Salah satu peristiwa yang paling dikhawatirkan oleh calon pengantin di hari pernikahan adalah kurangnya jumlah makanan yang disediakan. Bisa dibilang hal itu bisa menjadi ‘bencana’ yang akan menodai pesta yang digelar pemangku hajat. Semua tamu undangan pun bisa menjadi kecewa lantaran tidak kebagian hidangan pernikahan.

Oleh karena itu, selain memilih variasi makanan dan minuman yang akan disuguhkan, sang pemangku hajat juga perlu menghitung jumlah porsi makanan pernikahan secara tepat. Jika kalian telah berhasil menemui vendor catering, segeralah perhitungkan berapa jumlah porsi makanan pernikahan yang ideal. Agar nantinya tidak salah saat menghitung jumlah porsi makanan, berikut adalah beberapa hal yang bisa dijadikan panduan.

Menghitung Porsi Catering Dari Jumlah Tamu Undangan

Kalian bisa memulai menghitung jumlah porsi yang dibutuhkan dari jumlah tamu yang diundangan. Lalu mengkalikan dua jumlah tamu yang diundang untuk memperoleh porsi yang dibutuhkan. Kenapa dikalikan dua? Karena pada umumnya tamu undangan datang tidak sendirian, melainkan bersama pasangan mereka. Sebagai contoh, misalnya saja jumlah tamu undangan 500, maka jumlah hidangan yang dipesan ialah 1000 porsi.

Bagi Porsi Untuk Menu Prasmanan/Buffet dan Menu Gubukan/Food stall

Setelah mendapat berapa jumlah porsi yang dipesan, maka kalian bisa membagi porsi tersebut untuk menjadi makanan prasmanan dan menu gubukan. Pada umumnya sang pemangku hajat akan memberi perbandingan porsi 60% untuk menu prasmanan dan 40% menu gubukan. Tetapi ada juga yang memilih sebaliknya, 40% porsi menu prasmanan dan 60% porsi menu gubukan bila resepsi digelar pada malam hari. Dengan memperkirakan para tamu cenderung menghindari makanan berat saat malam hari.

[Baca: Ide Kue Pengantin Unik yang Bikin Kamu Baper Pengen Cepet Nikah]

Berapa Banyak Jenis Menu Prasmanan dan Menu Gubukan?

Menurut Niniek, dari Yvonne’s Catering menyarankan, untuk menu makanan prasmanan paling tidak, ada lima jenis lauk, di luar nasi dan sayur. Sementara itu untuk makanan pondokan/gubukan, disarankan untuk menghadirkan minimal empat jenis hidangan. Tetapi itu semua kembali lagi pada kebutuhan dan kemampuan biaya yang disediakan sang pemangku hajat

Jangan Mengurangi Porsi dari Tamu yang Tidak Hadir

Umumnya, tidak 100% tamu yang diundang akan menghadiri pesta. Walau demikian, ada baiknya untuk tidak mengurangi porsi makanan yang telah ditentukan berdasarkan rumus di atas. Karena makanan tersebut bisa digunakan untuk undangan yang hadir lebih dari dua orang atau pihak keluarga dan panitia pesta pernikahan.

Semoga bermanfaat. Dapatkan update terbaru ragam tips pernikahan dengan join di Facebook Fanspage kami di Tips Pernikahan.