Pengaruh Buruk Kekurangan Asat Folat untuk Ibu Hamil
Posted by nadia on 16th June 2017
| 158 views

Kekurangan asam folat untuk ibu hamil –  Asam folat atau yang juga disebut dengan vitamin B9 ini adalah salah satu vitamin yang akan larut di dalam air. Vitamin B9 tersebut memiliki peranan yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh sebab bisa bantu berbagai fungsi tubuh. Mulai dari proses sintesis nukleotid jadi sebuah remetilasi homosintesis. Vitamin B9 ini juga sangat baik sekali dalam proses pembelahan sel dan juga pertumbuhan sel, khususnya pada anak serta perkembangan janin yang ada dalam kandungan.

Tak hanya janin yang butuh asam folat, akan tetapi untuk anak – anak dan orang dewasa pun juga memerlukannya. Zat satu ini akan bantu dalam pembuatan sel darah merah, sehingga dapat mencegah tubuh terkena kurang darah atau pun kekurangan sel darah merah. Nah, kira – kira apa yang akan terjadi jika ibu hamil kekurangan asam folat? Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi jika kekurangan asam folat untuk ibu hamil yang harus Anda tahu.

Ini yang Akan Terjadi Jika Kekurangan Asam Folat untuk Ibu Hamil

Kekurangan Asam Folat saat Hamil, ini yang Akan Terjadi

Anecephaly

Ini merupakan suatu kondisi yang ada dalam istilah medis untuk menyebutkan kelainan, yang mana otak janin tak terbentuk sempurna, seperti yang seharusnya. Hal tersebut juga karena ibu, yang mana janin dalam kandungan tak mendapat asupan asam folat yang cukup, sehingga sebabkan hal tersebut terjadi. Bahkan menurut para ahli, bahwa pada saat wanita sedang melakukan rencana kehamilan, sangat dianjurkan untuk konsumsi asupan asam folat untuk memudahkan janin terbentuk dengan baik.

Spina bifida

Ini adalah penyakit yang biasanya akan menyerang tulang sumsum belakang sebab saat bayi ada di dalam kandungan sang ibu, bayi alami perkembangan. Sebab asupan asam folat yang dikonsumsi oleh sang ibu kurang, maka menjadikan perlindungan saat bayi ada di dalam kandungan tak terbentuk dengan baik, dan yang demikian ini juga sebabkan perkembangan pembentukan sel tulang sumsum belakang tak terbentuk sempurna. Asam folat yang dikonsumsi ibu hamil bisa membentuk plasenta bayi. Sehingga apabila asam folat kurang, maka tubuh bayi bisa saja alami cacat, baik cacat secara fisik atau pun mental.

Anemia

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa asam folat bisa digunakan sebagai pembuat sel darah merah pada tubuh anak – anak atau pun orang dewasa. Sel darah merah di dalamnya terkandung zat fibrinogen sebagai pembeku darah dan juga pembawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Oleh sebab itulah, bila tubuh alami kekurangan asam folat maka bisa menjadikan tubuh kekurangan sel darah merah dan menjadikannya semakin lemah, letih, lesuh, dan pusing. Jika anemia terjadi pada ibu hamil, maka bisa menjadikan ibu dan bayi yang dikandung alami lesu dan bila yang demikian ini dibiarkan begitu saja, maka bisa membuat kandungannya terancam bahkan bisa alami keguguran.

Sariawan

Tak hanya dikarenakan kekurangan vitamin C saja yang bisa membuat penyakit sariawan. Akan tetapi juga bisa disebabkan oleh kekurangan asam folat atau pun vitamin B9. Bila mulut terkena sariawan, maka yang demikian ini pastinya akan menjadikan aktifitas makan dan minum Anda terganggu. Hal tersebut bila dialami oleh ibu hamil, maka bisa membuat asupan gizi ibu hamil pada janinnya terganggu dan menjadikan perkembangan janin juga ikut terganggu.

Demikian informasi mengenai hal yang akan terjadi jika kekurangan asam folat untuk ibu hamil, yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.