Trik Ampuh Lawan Ketidaknyamanan Trimester Kedua Kehamilan

Trik ampuh lawan ketidaknyamanan trimester kedua kehamilan – Perlu Anda tahu bahwa untuk setiap periode kehamilan pastinya akan membawa perubahan pada fisik serta mental sang ibu. Hal yang demikian ini karena adanya fluktuasi hormone dan perubahan bentuk tubuh ibu hamil. Di usia kehamilan 4 – 6 bulan, atau trimester kedua, ibu hamil umumnya sudah mulai jarang merasakan mual atau pun muntah, akan tetapi masih merasakan beberapa keluhan lain, sehingga membuatnya merasa tidak nyaman. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab berikut ini akan kami bagikan beberapa trik ampuh lawan ketidaknyamanan saat trimester kedua kehamilan. Simak ulasan lengkapnya di sini.

Trik Ampuh Lawan Ketidaknyamanan Trimester Kedua Kehamilan

Ketidaknyamanan Trimester Kedua Kehamilan
Ketidaknyamanan trisemester kedua kehamilan dapat diatasi. Source: Vemale

Sakit dibagian tubuh tertentu

Umumnya pembahasan tentang keluhan atau rasa ketidaknyamanan saat trimester kedua kehamilan mencakup mengenai sakit dan nyeri dibagian tubuh tertentu. Perkembangan janin dalam kandungan yang cukup besar akan mempengaruhi tubuh serta menekan beberapa organ tubuh. Akibatnya, bisa sebabkan sakit kepala atau pun ketidaknyamanan secara keseluruhan, seperti mudah lelah atau letih, sakit punggung, pegal – pegal, dan linu dibagian pinggang maupun otot.

Nah, untuk melawan ketidaknyamanan tersebut ibu hamil disarankan untuk selalu mengontrol porsi makan, supaya perutnya tak terlalu penuh dan menekan organ dalam, selain itu ibu hamil sebaiknya menggunakan sepatu yang nyaman serta tak bertumit tinggi. Usahakan juga untuk tidak duduk menyilangkan kaki.

Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan atau sembelit merupakan salah satu keluhan yang sering ditemukan pada ibu hamil trimester kedua. Keluhan yang paling memudah tidak nyaman tersebut dapat diatasi dengan cara memilih menu makan yang tepat dan dibarengi dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Selain itu, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayur segar. Dengan demikian, metabolisme akan tetap terjaga dengan baik dan buang air besar pun akan jadi lebih lancar.

Gusi berdarah dan sariawan

Ketidaknyamanan satu ini memang normal dialami ibu hamil trimester kedua dan penyebabnya ada kaitannya dengan ketidakseimbangan hormone kehamilan, sehingga respon jaringan pada plak jadi lebih lemah. Gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh kebersihan oral yang cukup buruk, sementara itu sariawan sendiri dikaitkan dengan respon imunitas tubuh yang bisa disebabkan oleh stress dan kekurangan vitamin C.

Sulit tidur

Ada banyak hal yang sebabkan ibu hamil trimester kedua merasa tidak nyaman saat hendak istirahat di malam hari, sebab mereka biasanya sering sulit tidur karena ingin buang air kecil, posisi tidur yang serba sulit, sampai dengan gerakan janin yang cukup mengganggu kenyamanan tidur. Tingginya hormone progesterone pada saat kehamilan juga memiliki andil dalam menyebabkan keinginan buang air besar di malam hari. Unutk melawan ketidaknyamanan tersebut ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga ringan dan mengatur berat badan.

Demikian informasi tentang trik ampuh lawan ketidaknyamanan saat trimester kedua kehamilan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *