Inilah Jenis-Jenis Makanan yang Menyebabkan Keguguran Saat Hamil
Posted by nadia on 8th June 2017
| 75 views

Makanan yang Menyebabkan Keguguran – terdapat banyak sekali makanan yang harus dicermati ibu hamil. Dikarenakan makanan tersebut bisa menyebabkan keguguran bila dikonsumsi secara sembarangan. Sedangkan istilah medis yang menjelaskan keguguran ialah aborsi spontan. Namun kondisi ini bukannya aborsi sengaja layaknya dalam definisi umum istilah tersebut. Karena penyebab keguguran kurang bisa dipahami secara baik.

Tapi sebagian besar masalah keguguran yang tengah terjadi di trimester pertama kehamilan ialah karena adanya kelainan kromosom sang bayi. Yang disebut dengan kromosom ialah struktur kecil dalam sel-sel tubuh dan membawa banyak gen. Sedangkan gen ialah sesuatu yang menentukan seluruh atribut fisik seseorang, misalnya jenis kelamin, rambut, golongan darah dan warna mata. Keguguran saat hamil bisa disebabkan karena mengkonsumsi Makanan yang Menyebabkan Keguguran Saat Hamil. Dibawah ini beberapa makanan yang bisa menyebabkan keguguran dan harus dihindari oleh ibu hamil :

  1. Daging Mentah.

Bahan makanan daging dari seafood mentah setengah matang, daging sapi, serta unggas harus dihindari sebab beresiko adanya kontaminasi bakteri coliform, salmonella dan toksoplasmosis. Daging mentah termasuk makanan berbahaya yang perlu dihindari selama masa kehamilan apalagi bila terkontaminasi oleh Bakteri Listeria, karena bisa menyebabkan keguguran. Sedangkan bakteri Listeria mempunyai kemampuan bisa melewati plasenta dan mampu menginfeksi bayi akibatnya terjadi infeksi ataupun keracunan darah. Hal tersebut sangat mungkin dapat mengancam nyawa bila sedang hamil. Ibu hamil juga harus mempertimbangkan mengkonsumsi daging dengan memastikan daging tersebut dimasak sampai asapnya mengepul dan benar-benar matang.

  1. Sushi harus dihindari.

Anda harus berhati-hati dengan Ikan didalamnya mengandung Mercuri. Sehingga ikan yang mengandung merkuri tinggi harus dihindari. Karena merkuri yang dikonsumsi pada masa kehamilan kerap dikaitkan pada masalah keterlambatan pertumbuhan janin dan kerusakan dalam otak. Contohnya ialah ikan hiu, tilefish dan ikan king mackerel. Sejumlah ikan yang digunakan pada olahan sushi juga perlu dihindari karena didalamnya terdapat kadar merkuri sangat tinggi.

  1. Seafood yang diasapi.

Selanjutnya seafood yang diolah diasapi ataupun menjadi dendeng harus dihindari sebab dapat terkontaminasi oleh Bakteri Listeria. Asalkan ibu memasaknya dengan cara yang tepat supaya matang secara keseluruhan ini diperbolehkan.

  1. Kepiting harus dihindari.

Fakta jika memang dalam kepiting terdapat nutrisi yang tinggi. Khususnya dalam kepiting mempunyai sumber manfaat kalsium untuk ibu hamil sangat tinggi. Tapi, menurut kedokteran Oriental, dari kepiting mempunyai efek deportasi tumor sehingga dapat mengarah pada kemungkinan resiko keguguran ataupun kelahiran prematur.

Sebenarnya ibu hamil baru sembuh sesudah sakit mempunyai sistem pencernaan lemah. Bila makan terlalu banyak olahan kepiting, bisa terjadi diare, flu, ataupun alergi dingin serta muntah. Ibu hamil juga harus membatasi mengkonsumsi kepiting, karena kepiting telah mengandung kolesterol sangat tinggi.

  1. Hindari Konsumsi Nanas.

Banyak wanita hamil yang berfikir bisa melahirkan dengan mudah bila minum jus nanas. Itu berarti jika ibu mengkonsumsi makanan berbahaya sehingga menyebabkan keguguran khususnya pada 3 trimester pertama kehamilan. Namun bila semua orang tahu secara baik tentang hal tersebut.

Buah nanas mengandung bromelain disertai efek melembutkan rahim serta menyebabkan kontraksi. Yang mana menciptakan zat sehingga bisa menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, pada 3 bulan pertama masa kehamilan, wanita hamil harus benar-benar dihindari mengkonsumsi nanas ataupun minum jus nanas. Sesudah periode tersebut, ibu hamil boleh mengkonsumsi dengan jumlah yang sedikit buah nanas karena mengandung banyak nutrisi sehat didalamnya. Namun tidak terlalu banyak serta tidak terlalu teratur mengkonsumsinya. Sebaiknya hindari Makanan yang Menyebabkan Keguguran Saat Hamil diatas jika anda ingin kehamilan anda berjalan lancar.

[Baca Juga: Bolehkan Pijat Saat Hamil?]