Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin
Posted by nadia on 8th June 2017
| 70 views

Manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin – ketika seseorang sedang hamil, tubuhnya akan mengalami perubahan. Umumnya berat badan berangsur-angsur bertambah hingga sembilan bulan masa kehamilannya. Bertambahnya berat badan ibu hamil diakibatkan karena cairan ketuban, adanya peningkatan sirkulasi darah serta bayi yang dikandungnya.

Dalam menjaga tubuh ibu hamil dan juga janin didalam kandungan, dibutuhkan minuman dan makanan bergizi untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Untuk ibu hamil yang menginginkan tubuhnya lebih ideal, tidak perlu melakukan program diet, cukup mengkonsumsi buah pisang dengan teratur lalu rasakan khasiatnya. Dibawah ini beberapa Manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin :

1. Kaya akan Asam Folat.

Buah pisang termasuk salah satu buah dengan kandungan asam folat didalamnya yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan saraf otak maupun tulang pada janin yang dikandungnya. Bukan hanya itu saja, kandungan asam folat juga  bisa membantu dalam meminimalisir adanya kelahiran premature ataupun anak lahir dengan kondisi yang cacat.

2. Membantu Menyembuhkan Penyakit Maag.

Jika anda salah satu ibu hamil yang memiliki sakit maag, cobalah mulai mengkonsumsi buah pisang ini. Manfaat pisang untuk ibu hamil yang kedua ialah sebagai obat alami dalam mengatasi penyakit maag. Penyebab penyakit ini karena asam lambung berlebih sehingga menjadikan perut terasa sakit yang disertai dengan mual. Untuk itu, buah pisang sangat penting untuk mengatasi permasalahan maag yang anda alami selama hamil. Sering memakan pisang adalah salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil agar maag tidak gampang kambuh.

3. Mengatasi Keluhan Anemia untuk Ibu Hamil.

Manfaat pisang untuk ibu hamil berikutnya adalah mampu mengatasi keluhan anemia di masa kehamilan. Keluhan yang biasa dialami oleh ibu hamil ialah anemia. Jika dibiarkan akan mengakibatkan adanya komplikasi ketika kehamilan apalagi saat proses melahirkan berlangsung. Anemia bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi misalnya buah-buahan dan juga sayuran. Salah satu jenis buah yang banyak mengandung zat besi ialah pisang. Jika ibu hamil mengkonsumsi pisang secara teratur, maka menghasilkan hemoglobin sekaligus mengurangi gejala anemia yang mungkin dialami oleh calon ibu. Mengkonsumsi pisang merupakan salah satu cara mengatasi hemoglobin rendah pada ibu hamil dengan aman.

Manfaat pisang untuk ibu hamil
Manfaat pisang untuk ibu hamil. Sumber: IbuHamil.com

4. Memperlancar Sistem Pencernaan.

Pada buah pisang kaya terhadap kandungan serat, hal ini dapat mengurangi adanya gangguan kesehatan seperti sembelit, perut kembung serta membuat pergerakan dalam usus halus lebih maksimal tanpa harus mengkonsumsi suplemen. Sehingga ibu hamil bisa mengkonsumsi buah pisang jika ingin melakukan diet dan ingin tetap sehat tubuhnya.

5. Meminimalisir Terjadi Penyakit Kanker.

Manfaat pisang untuk ibu hamil yang sangat bagus selanjutnya ialah mampu mencegah calon ibu terserang kanker. Hal tersebut diperkuat oleh adanya senyawa antioksidan dalam buah pisang. Manfaat dari antioksidan sendiri ialah untuk mematikan berbagai sel yang bisa menyebabkan perkembangan sel kanker misalnya kanker rahim, kanker usus, kanker payudara dan lainnya. Oleh karena itu, bagi ibu hamil sangat baik memperbanyak konsumsi buah maupun sayuran sehat supaya tubuh tetap terjaga. Sebab pisang merupakan salah satu makanan penguat kandungan lemah.

6. Sumber Zat Kalsium.

Buah pisang adalah buah ajaib yang mempunyai nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Zat yang terkandung dalam buah pisang salah satunya ialah zat kalsium. Untuk ibu hamil yang mau membantu pertumbuhan tulang dan juga sistem saraf calon buah hati, upayakan mengkonsumsi buah pisang secara teratur agar bayi dalam kandungan anda sehat selalu.

7. Membuat Tekanan Darah Menjadi Stabil.

Salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh ibu hamil ialah Fluktuasi tekanan darah. Menjaga agar tekanan darah tetap stabil bisa dilakukan dengan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan misalnya buah pisang. Karena dalam buah ini kaya terhadap kandungan kalium yang bisa membantu sekaligus menjaga tekanan darah ketika dalam masa kehamilan. Sekaligus potasium yang ada di dalamnya mampu mengurangi kejang otot ataupun kaki terasa sakit yang dialami oleh wanita hamil. Manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin diatas bisa anda dapatkan jika anda mengkonsumsi buah pisang secara teratur.

Semoga informasi dari Tips Pernikahan ini dapat bermanfaat ya calon bunda.

[Baca Juga: Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Menakjubkan]