Tips Pernikahan

Berbagai tips pernikahan termasuk mengenai cinta dan keharmonisan suami istri, perceraian, dan perselingkuhan

Definisi Perceraian

definisi perceraianKehidupan perkawinan ternyata tidak selalu seindah yang dibayangkan ketika kita sedang dalam masa pacaran. Apa yang tampak manis semasa pacaran boleh jadi menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan dalam kehidupan nyata perkawinan. Kegagalan adaptasi dan memaklumi kelemahan satu sama lain hanya akan bermuara pada perceraian dan tentu saja, hal ini adalah hal terakhir yang diinginkan banyak pasangan. Tapi, banyak pasangan yang memilih pemisahan perkawinan dari pada perceraian dengan berbagai alasan. Sebenarnya, apakah pemisahan perkawinan itu? Definisi dari pemisahan perkawinan adalah berpisahnya pasangan suami istri yang terikat perkawinan untuk hidup secara terpisah. Secara kasat mata, sebenarnya bisa dikatakan bahwa pemisahan perkawinan adalah awal dari perceraian meskipun tak jarang pasangan tersebut justru merindukan satu sama lain dan kembali bersama.

Inti dari pemisahan perkawinan adalah pemisahan rumah tangga. Pasangan suami istri yang memilih memisahkan perkawinan mereka berarti masing-masing akan hidup sendiri, tanpa melalui proses perceraian. Secara hukum, kedua orang tersebut masih terikat satu perkawinan yang sah, akan tetapi, secara fakta, mereka akan hidup di kehidupan masing-masing. Meskipun tampak mudah, pemisahan perkawinan justru dapat menjadi lebih kompleks dan rumit dibanding perceraian. Meskipun perpisahan rumah tangga selalu rumit, pemisahan perkawinan akan selalu menjadi rumit. Dalam pemisahan perkawinan, suami istri harus bisa bersepakat tentang pemisahan banyak hal. Jikalau dalam masalah harta mereka masih mungkin bersepakat untuk berbagi, hal yang nyaris tidak bisa dilakukan adalah jika mereka memiliki anak.

Jika membandingkan dengan definisi perceraian, perceraian nampak lebih jelas daripada pemisahan perkawinan. Pada perceraian, hak perwalian sudah diatur oleh pengadilan sehingga tidak ada (setidaknya diharapkan tidak ada) masalah baru tentang perebutan hak asuh anak. Hal inilah yang tidak mungkin dicapai dalam sebuah pemisahan perkawinan mengingat tidak ada status hukum yang sah untuk perpisahan mereka yang berarti, secara hukum, anak harus diasuh keduanya dalam satu rumah tangga yang utuh. Pemisahan perkawinan sendiri bukan hal yang baru di Indonesia, meski secara legal formal, hal tersebut tidak ada. Berbeda dengan diluar negeri yang sudah melegalkan pemisahan rumah tangga dengan cara seperti ini.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.