Tips Pernikahan

Berbagai tips pernikahan termasuk mengenai cinta dan keharmonisan suami istri, perceraian, dan perselingkuhan

Mengatasi Depresi, Melawan Perceraian

mengatasi depresi melawan perceraianBanyak faktor yang menjadi penyebab perceraian. Faktor-faktor tadi terakumulasi sehingga memuncak menjadi sebuah pertengkaran hebat yang berbuntut bagi terbukanya pintu perceraian. Oleh karena itu, selama menjalani dan melakoni bahtera rumah tangga jangan meremehkan persoalan sekecil apapun sehingga menjadi bertumpuk dan akan membuncah ketika benih-benih cinta mulai memudar. Seorang suami yang bijak akan selalu memelihara komitmen bersama yakni akan setia menjalani perkawinan dalam kondisi apapun.

Sang isteri pun demikian, dia akan selalu mencoba mengatasi perceraian dengan mengingat dan mengenang kembali ikrar dihadapan Tuhan. Aku dan engkau akan menjalani hidup bersama dalam untung dan malang. Aku akan tampil ketika engkau memanggil. Begitu juga engkau harus bersedia hadir ketika aku membutuhkan engkau. Komitmen ini bisa menjadi benteng dalam usaha membendung dan melawan perceraian.

Pasangan suami isteri harus saling introsfeksi diri dan kontemplasi dalam usaha mengatasi perceraian. Dalam kontemplasinya masing-masing melakukan flashback bahwa ikatan perkawinan yang tersimpul diantara mereka bermula dari adanya keterlibatan {engagement} yang kental diantara mereka berdua bagaikan adonan roti yang tak terpisahkan. Aku dan engkau bersatu dalam kita. Aku selalu mendampingi engkau meskipun harus dipisahkan oleh kematian. Kematian bukan hal yang harus ditakutkan oleh kita, akan tetapi kematian dari rasa cinta-lah yang harus kita takutkan. Kontemplasi tersebut mampu melawan perceraian yang akan mengeliminasi penderitaan anak-anak sebagai korban perceraian.

Namun jika satu sama lain sudah mengalami jalan buntu, hingga gerbang perceraian sudah terlewati. Tidak ada jalan lain kecuali mencari cara mengatasi depresi akibat perceraian. Salah satu jalan adalah pasrah terhadap takdir Tuhan yang tak bisa diganggu gugat. Anggaplah perceraian sebagai pelabuhan yang harus disinggahi dalam perjalanan jauh dalam rangka menguak misteri kehidupan ini. Beri pengertian yang tepat kepada anak-anak agar mereka tidak broken home. Perceraian bukan The End of the world. Yakinkan itu.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.