Mana Lebih Murah, Nikah di Rumah atau Nikah di Gedung?
Posted by nadia on 5th June 2017
| 47 views

Nikah di Rumah atau Nikah di Gedung – Biaya sudah pasti jadi hal utama yang perlu dipikirkan saat merencanakan pesta pernikahan. Maka itu sebagai calon pengantin, kalian perlu pintar-pintar dalam menyiasati biaya pernikahan.

Saat akan memilih tempat pernikahan misalnya, umumnya calon pengantin akan dihadapkan pada dua pilihan. Apakah ingin menyewa gedung pernikahan atau menggelar resepsi di rumah ? Keduanya memiliki plus dan minus sendiri, terutama dari segi biaya yang dikeluarkan. Lantas dari kedua pilihan tersebut mana ya sebenarnya yang lebih menghemat biaya?

Menikah Di Gedung

Nikah di Rumah atau Nikah di Gedung
Sumber Gambar: Memil Salsabila

Jika kalian memilih pernikahan di gedung, sudah pasti harus ada biaya yang mesti dianggarkan untuk biaya sewa. Setiap gedung memiliki tarif yang berbeda, umumnya disesuaikan berdasarkan lokasi, kapasitas tamu, dan fasilitas yang tersedia. Selain itu ada pula gedung yang disewakan beserta dengan paket pernikahan tertentu. Maka biaya sewa gedung sudah mencakup biaya katering, dekorasi atau kebutuhan lainnya. Lebih praktis, tetapi mungkin juga jadi lebih mahal.

Sebagai contoh, untuk biaya sewa gedung di wilayah Jakarta seperti Balai Sudirman,  dipatok dengan harga 22 juta. Bila ingin lebih menghemat, pilihlah gedung milik lembaga pemerintah yang bertarif lebih murah. Misalnya Gedung Departemen Tenaga Kerja yang bertarif 7 juta rupiah dengan kapasitas 700 tamu undangan.

[Baca: 6 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Ketika Memilih Resepsi di Gedung]

Menikah di Rumah

Nikah di Rumah atau Nikah di Gedung
Sumber Gambar: Glossie.ca

Pada umumnya orang beranggapan bahwa menggelar resepsi di rumah jauh lebih murah. Satu hal yang pasti karena calon pengantin tak perlu menyewa venue resepsi seperti halnya di gedung. Meski begitu, ada biaya tidak terduga lain yang perlu kalian anggarkan ketika memilih rumah sebagai tempat resepsi. Mulai dari biaya tambahan daya listrik, kebutuhan toilet portable jika toilet di rumah tidak mumpuni, menyewa lahan parkir, hingga sewa tenda.

Sedangkan dari segi dekorasi, kalian juga membutuhkan taktik untuk menyulap rumah menjadi tempat resepsi impian. Karena harus diingat bahwa tiap rumah tentu memiliki karakter berbeda-beda. Maka itu, mintalah bantuan dekorator pilihan yang dapat menghias rumah kalian dengan dekorasi yang menakjubkan. Tetapi dengan catatan perlu ada biaya yang disiapkan.

Salah satu kekurangan menikah di rumah adalah sang pemangku hajat harus merelakan rumahnya berantakan dan kotor setelah pesta berlangsung. Hal ini juga tentu akan sangat mengganggu. Jika tak ingin repot membersihkan, maka mau tak mau kalian perlu mengerahkan staff tambahan yang bertugas membersihkan rumah. Memanggil staff tambahan untuk membersihkan rumah, tentu perlu biaya tambahan juga ya.

Jadi, baik pesta pernikahan di rumah maupun di gedung, memiliki post-post biaya lain yang tidak sama. pertimbangkan masa-masak dulu mau nikah di rumah atau nikah di gedung, biar tidak menyesal nantinya.

[Baca: Ide Pesta Pernikahan di Rumah yang Seru dan Berkesan]