Alasan Ibu Hamil Sering Alami Penyakit Asam Lambung
Posted by nadia on 14th June 2017
| 40 views

Penyakit asam lambung – Ibu hamil sering mengalami masalah penyakit asam lambung? Ya, memang benar ibu hamil seringkali mengalami masalah dengan lambungnya. Bahkan sebagian besar ibu hamil mengeluh merasakan hal yang berbeda pada area lambungnya. Penyakit asam lambung yang dialami ibu hamil ini biasa disebut dengan GERD.

GERD adalah suatu kondisi nyeri di ulu hati dengan rasa panas di area dada karena naiknya asam lambung. Gejala ini semakin parah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Penyebabnya juga salah satunya yaitu karena perubahan hormon selama kehamilan yang menjadikan sistem cerna Anda semakin melambat. Itulah alasannya mengapa ibu hamil sering mengalami penyakit asam lambung. Lantas bagaimana cara cegah penyakit asam lambung pada ibu hamil?

Cara Cegah Penyakit Asam Lambung Pada Ibu Hamil

Penyakit asam lambung
Alasan ibu hamil sering mengalami sakit maag. Source: Tips Pernikahan

Agar tidak menimbulkan penyakit asam lambung pada ibu hamil, baiknya Anda terapkan cara pencegahan yang tepat. Beberapa cara cegah penyakit asam lambung pada ibu hamil diantaranya :

  • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang memicu mulas seperti cokelat, makanan berlemak, makanan pedas, jeruk, tomat, kafein dan minuman yang berkarbonasi.
  • Jangan makan dengan porsi banyak. Baiknya Anda kunyah makanan dengan perlahan dan sampai Anda pastikan makanan benar – benar halus. Hindari makan beberapa jam sebelum tidur.
  • Jangan langsung berbaring setelah makan. Baiknya Anda tetap tegak selama 1 jam setelah makan misalkan dengan berjalan santai.
  • Kunyah permen karet bebas gula setelah Anda makan. Atau bisa Anda konsumsi segelas susu dan madu karena kedua campuran bahan ini dapat membantu mengurangi produksi asam lambung.
  • Gunakan bantal untuk mengangkat tubuh bagian atas ketika Anda tidur. Kemudian hindari juga menghadap ke kiri agar posisi lambung lebih rendah dari esophagus. Posisi ini dapat mencegah asam lambung naik ke saluran esophagus Anda.

Sementara jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit asam lambung selama kehamilan, dokter memberikan resep beberapa jenis obat yang aman untuk mengatasi penyakit asam di lambung pada ibu hamil diantaranya :

Alginate

Sebagian jenis antasida dibuat dengan kombinasi obat jenis alginate yang mampu membantu untuk meringankan gangguan pencernaan karena asam lambung. Kombinasi antara antasida dan alginate sangat efektif menangani gejala gangguan sistem cerna selama kehamilan.

Antasida

Jenis obat ini merupakan sebuah obat penyakit asam di lambung yang bekerja cepat untuk membantu meringankan gangguan sistem cerna dengan menetralkan asam lambung. Jika diresepkan antasida bersama suplemen zat besi, jangan diminum di waktu bersamaan karena dapat mengganggu kemampuan menyerap zat besi Anda.

Ranitidin

Obat yang satu ini biasa diresepkan untuk diminum dua kali dalam sehari. Anda bisa minum sampai penyakit asam di lambung yang Anda rasakan jadi mereda.

Itulah beberapa alasan ibu hamil sering mengalami penyakit lambung beserta informasi cara mencegah dan mengatasi jika penyakit asam lambung dirasakan. Semoga informasi diatas bermanfaat.