Perkembangan Janin Usia 2 Bulan dan Cara Mengatasi Keluhannya
Posted by nadia on 9th June 2017
| 93 views

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan dan cara mengatasi keluhannya – ketika ibu baru menyadari tentang kehamilannya, janin yang ada dalam kandungan sudah tumbuh sangat lama. Jadi ibu harus mengejar pemasukan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan janin dalam kandungannya. Sedangkan beberapa zat penting seperti: zat pembangun, vitamin / zat pengatur, zat tenaga, mineral terutama zat besi. Sehingga, anda harus tahu tentang Perkembangan Janin Usia 2 Bulan dan cara mengatasi keluhannya.

Perkembangan Janin Minggu ke-4.

Ketika zigot kecil menemukan tempatnya dalam rahim, sehingga berakhirnya minggu ini, sang ibu tidak mendapat menstruasi. Hal ini menjadi tanda pertama adanya kemungkinan kehamilan. Sejumlah wanita mengalami pendarahan ataupun flek kecokelatan yang sedikit namun mereka menganggapnya sebagai menstruasi. Meskipun sebenarnya pendarahan sedikit ini terjadi karena ada implantasi zigot di dinding rahim. Sesudah terjadi implantasi ataupun menempelnya zigot di dinding rahim, maka mulai mengalami pelepasan hormon HCG (guna menilai tes kehamilan anda).

Perkembangan Janin Minggu ke-5

Ketika perkembangan janin yang ke 5 minggu, maka ukuran bayi sekarang sebesar biji apel serta pada minggu ini juga disebut dengan embrio. Bayi anda mulai mempunyai detak jantung. Plasenta dengan tali pusat telah bekerja sepenuhnya di minggu ini. Sedangkan vesikel-vesikel otak primer juga mulai terbentuk, disertai sistem saraf yang mulai berkembang. Ditambah benjolan tangan dengan kaki janin juga mulai tampak.

Disamping sel benjolan tangan, pada janin juga akan mengalami kematian yang akan membentuk jari-jari tangannya. Pembentukan telinga bertambah sempurna dengan mulai terbentuknya duktus endolimfatikus. Ini merupakan saluran yang bertugas menyalurkan cairan yang ada dalam selaput labirin bagian telinga dalam. Serta sistem pencernaan yang semakin sempurna karena terjadinya pembedaan yang semakin nyata diantara cikal-bakal usus besar dengan usus buntu. Apalagi cikal-bakal ginjal maupun hati juga sudah terbentuk. Begitu pula struktur muka dengan keseluruhan juga mulai dapat “terbaca”.

Perkembangan Janin Minggu ke-6

Ketika usia ini bayi telah berbentuk embrio yang memiliki panjang sekitar 1/17 inci. Selain itu, embrio juga terlihat seperti berudu. Usia minggu ke 6 bisa mengenali kepala, tangan, ekor dan anggota badan yang masih seperti tunas ataupun benjolan. Di minggu ini juga terjadi pembentukan awal organ hati, pankreas, jantung, paru-paru, dan kelenjar tiroid. Pembuluh-pembuluh nadi pada bagian kepala semakin jelas terbagi-bagi berdasarkan tugas masing-masing. Pada minggu ini bagian rongga mulut juga sudah terlihat. Begitu pula struktur mata telah terbentuk meskipun masih berjauhan letaknya. Pada tengah-tengah wajah telah muncul tonjolan hidung. Bagian ruas-ruas tulang belakang mulai terbentuk meskipun masih tampak samar. Sebelum kamu baca lebih jauh jangan lewatkan untuk kenali manfaat menakjubkan air kelapa bagi ibu hamil.

Untuk itu, anda harus mulai mengejar gizi yang belum terpenuhi selama anda belum mengetahui jika anda hamil.

  • Sebelum anda turun tempat tidur, jika lapar, makanlah sesuatu yang anda suka misalnya kue biskuit.
  • Makanlah dengan porsi kecil namun sering, mudah dicerna tak terlalu berbumbu serta perbanyak minum air dan buah segar.
  • Sangat perlu mengkonsumsi asupan zat besi berbentuk tablet dari dokter.

Cara Mengatasi keluhan ketika hamil muda diantaranya:

Dengan menyadari jika anda tengah hamil, yang merupakan hal kodrati yang akan dialami oleh seluruh wanita dan mohonlah pada Tuhan agar proses kehamilan bisa berjalan lancar, selamat hingga masa persalinan ataupun nifas.

Hati-hatilah dengan pemberian obat-obatan untuk mengatasi keluhan pusing-pusing, misalnya antalgin, tetracilin atau sebagainya. Sebab obat-obatan tersebut bisa berakibat terhadap pembentukan organ-organ vital.

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan dan cara mengatasi keluhannya tersebut harus anda perhatikan dengan baik agar kehamilan anda berjalan lancar. Semoga informasi dari Tips Pernikahan ini mampu bermanfaat.