Posisi Tidur Ibu Hamil Paling Baik Menurut Dokter
Posted by nadia on 16th June 2017
| 56 views

Posisi tidur ibu hamil paling baik menurut dokter – Posisi tidur ibu hamil ini memang tak boleh dianggap remeh. Janin yang membesar bisa saja menjadikan posisi tidur ibu jadi serba salah. Apalagi, ibu hamil juga alami kesulitan untuk bergerak mengubah posisi tidurnya.

Posisi tidur yang salah bisa saja mengundang berbagai masalah kesehatan, seperti halnya pembengkakan kaki, mendengkur, nyeri otot, penurunan tekanan darah, atau pun malah meningkatnya tekanan darah. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa posisi tidur ibu hamil paling baik menurut dokter. Simak ulasan selengkapnya di sini.

Posisi Tidur Ibu Hamil Paling Baik Menurut Dokter

Posisi Tidur Ibu Hamil Paling Baik Menurut Dokter

Hindari posisi telentang

Perlu Anda tahu bahwa setelah memasuki usia kehamilan trimester kedua, khususnya setelah bulan ke-5, ibu hamil dianjuurkan untuk tak tidur dalam posisi telentang. Sebab tekanan di pembuluh darah utama dan juga vena cava inferior bisa saja meningkat jika ibu hamil tidur dalam posisi tersebut. tekanan ini bisa saja semakin menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, tak terkecuali ke janin. Selain itu, vena cava inferior yang tertekan ini juga bisa memicu terjadinya pembengkakan dibagian tubuh atau pun edema.

Menyamping kekiri

Para dokter juga menganjurkan agar ibu hamil tidur dalam posisi menyamping kekiri. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju ke jantung atau pun ke rahim, ginjal, dan janin. Selain hal tersebut, posisi tidur seperti ini juga bisa membuat bagian abdomen atau pun perut jadi lebih nyaman dan tak menekan organ hati yang ada disisi kanan. Posisi tidur menyamping kekiri juga bisa mengurangi terjadinya pembengkakan di pergelangan kaki dan tangan.

Menggunakan bantal

Bantal memang bisa saja membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa nyaman. Jika ibu hamil merasa sesak nafas atau pun bernafas pendek, silakan letakkan saja bantal dibagian bawah sisi samping tubuh untuk bisa menaikkan posisi dada. Jika ibu hamil merasa sakit dibagian ulu hati, silakan letakkan beberapa bantak pada bagian kepala supaya posisi badan bagian atas lebih tinggi. Ibu hamil juga bisa tidur dalam posisi setengah duduk, ini berguna sekali untuk membantu asam lambung tak naik.

Sementara itu, untuk menyangga tubuhagar tetap dalam posisi menyamping kekiri, Anda bisa mengganjal dengan bantal pada bagian perut dan punggung. Bantal khusus untuk ibu hamil juga bisa Anda gunakan untuk menjadikan tidur Anda jadi lebih nyaman.

Wajar saja jika ibu hamil sulit tidur nyenyak saat malam hari, sebab bisa alami berbagai gangguan, seperti kerap terbangun akibat sering buang air kecil, jantung berdebar sebab meningkatnya detak jantung, merasa sesak nafas, sakit di punggung, dan kram di kaki, serta konstipasi maupun rasa sakit di ulu hati. Selain hal tersebut stress juga bisa menjadikan ibu hamil sulit tidur.

Demikian informasi tentang posisi tidur ibu hamil paling baik menurut dokter yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.