Tips Aman Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil Muda dan Tua
Posted by nadia on 11th June 2017
| 61 views

Tips mengatasi sakit pinggang saat hamil muda dan tua – sakit pinggang adalah salah satu keluhan paling umum pada ibu hamil. Biasanya keluhan ini muncul pada usia kehamilan trimester ketiga. Sakit pinggang yang di rasakan dapat disebabkan adanya pelepasan hormon dalam tubuh Anda yang bisa mengakibatkan terjadinya peregangan ligamen diantara tulang panggul. Penyebab lain rasa nyeri yang di rasakan pada pinggang ialah meningkatnya tekanan pada saraf tubuh yang berada di area punggung bawah sampai kaki Anda. Dibawah ini Tips mengatasi sakit pinggang saat hamil muda dan tua :

  1. Kenakan Sepatu yang Tepat.

Gunakan sepatu yang paling tepat dan nyaman. Dengan catatan tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah. Karena sepatu hak tinggi bisa menciptakan tekanan, tepatnya di bagian tulang belakang maupun sendi panggul Anda. Penggunaan sepatu yang sangat tepat akan mencegah Anda merasakan sakit pinggang ketika hamil. Posisi kaki yang buruk disamping bisa menyebabkan ketidakseimbangan tubuh juga akan menimbulkan rasa nyeri khususnya pada pinggang. Kenakan sepatu yang mempunyai hak rendah supaya membantu Anda dalam memposisikan berat kaki Anda agar badan Anda bisa lebih stabil

  1. Perhatikan Postur Tubuh Anda.

Bersamaan perkembangan janin yang ada dalam kandungan Anda, panggul juga akan semakin tertekan. Ketika Anda sedang hamil, membuat tubuh Anda tidak dalam keadaan yang seimbang disebabkan karena berat bayi yang terdapat dalam tubuh Anda. Jadi, perhatikan postur tubuh sekarang ini. Ketika anda berdiri, berdirilah secara tegak dengan dada tegap, sebisa mungkin hindari berdiri dalam waktu yang lama.

  1. Atur Pola Makan yang Sehat.

Saat Anda hamil, tulang-tulang dalam tubuh Anda membutuhkan lebih banyak kandungan kalsium. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium lebih banyak, untuk meringankan rasa sakit pinggang yang Anda rasakan. Selain itu, penuhi juga asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh selama hamil. Konsumsi air putih minimal delapan gelas per hari. Bila Anda memiliki kandungan lemah, perbanyak konsumsi makanan penguat kandungan yang lemah.

  1. Lakukan Olahraga Ringan Secara Rutin.

Melakukan aktivitas fisik yang ringan secara teratur juga mampu meredakan sakit pinggang selama masa kehamilan. Lakukan joging ringan setiap pagi. Disamping dapat menyegarkan pikiran saat olahraga pagi juga sangat bagus untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Selain itu, dapat juga melakukan olahraga ringan seperti berenang. Aktivitas berenang adalah satu dari kegiatan olahraga yang dianjurkan untuk Anda yang tengah hamil. Karena olah raga ini bisa meringankan tekanan yang terdapat pada saraf-saraf Anda. Anda juga bisa mengikuti kelas yoga ataupun pilates, pilihlah kelas khusus bagi wanita hamil.

Tetapi, pastikan untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter ahli mengenai olahraga ringan apa yang bagus dan tepat untuk Anda. Jangan paksakan Anda melakukan olahraga berat, karena justru membuat sakit pinggang Anda semakin parah.

  1. Tidur Menyamping.

Selama masa kehamilan, Anda sebaiknya jangan tidur dalam posisi telentang. Posisi tidur seperti itu selain kurang nyaman juga tidak baik untuk Anda dan bayi Anda. Disarankan agar anda tidur dengan posisi menyamping serta letakkan bantal tambahan di antara lutut untuk mengurangi ketegangan pada panggul maupun punggung bawah.

Gunakan bantal hamil agar mendapat posisi tidur menyamping paling nyaman untuk ibu hamil. Bila tidur menyamping bisa membuat pinggang semakin sakit, dekatkan bantal hamil di punggung untuk mengurangi tekanan pinggang selama tidur. Jenis bantal hamil terbaik pada posisi ini ialah bantal hamil U dikarenakan mampu mengcover punggung secara baik. Jadi, untuk anda yang mengalami sakit pinggang saat hamil, lakukan Tips mengatasi sakit pinggang saat hamil muda dan tua diatas.