8 Hal yang Sangat Dibenci Tamu Undangan Pernikahan
Posted by nadia on 5th June 2017
| 250 views

Tamu Undangan Pernikahan – Apalah arti sebuah pesta pernikahan tanpa dihadiri oleh tamu undangan. Saking pentingnya kehadiran mereka, sang pemangku hajat sudah menyiapkan beragam kebutuhan untuk menjamu para tamu undangan. Mulai dari menghidangkan menu makanan yang lezat hingga memberi souvenir sebagai tanda terima kasih sekaligus kenang-kenangan.

Begitu juga tamu undangan. Mereka akan menyiapkan penampilan yang terbaik from head to toe saat menghadiri pesta pernikahan. Karena itu jangan sampai kecewakan para tamu yang telah datang ke pesta kalian dengan beberapa hal berikut ini ya. Meski tiap tamu memiliki pendapat yang berbeda, setidaknya ada delapan hal yang sering dikeluhkan tamu undangan saat menghadiri pesta pernikahan.

8 Hal yang Sangat Dibenci Tamu Undangan Pernikahan


1. Acara Formal yang Terlalu Lama

hal yang dibenci tamu undangan pernikahan
Sah-sah aja sih mau banyak prosesi acaranya, tapi pikirin tamu juga ya…

Semua tamu undangan memang turut berbahagia ketika menyaksikan sepasang pengantin mengucap janji suci dalam upacara pemberkatan atau akad nikah. Tetapi pastikan upacara berlangsung ringkas dan tetap khidmat. Pertimbangkan pula kenyamanan tempat berlangsungnya acara formal. Contohnya fasilitas pendingin ruangan atau tenda tambahan bila acara digelar di venue outdoor. Karena salah satu keluhan yang paling umum ialah acara formal yang terlalu lama hingga membuat mereka semua tidak betah dan ingin segera beranjak pergi.

[Baca: Detail Persiapan Pernikahan bagi Wanita yang Kerap Disepelekan]

2. Hiburan Pernikahan yang Buruk

hiburan acara pernikahan
Inget acara pernikahan, bukan debus. Jangan terlalu ekstrem hiburannya…

Namanya juga hiburan, sudah seharusnya harus menghibur. Tetapi dalam praktiknya, ada saja calon pengantin yang mengabaikan kebutuhan pesta ini. Entah karena wedding entertainment yang kurang asik atau jenis hiburan yang tak cocok dengan tamu undangan. Dan yang paling sering (dan mungkin ini juga pernah kalian alami) adanya pihak tertentu yang naik ke atas panggung, lalu bernyanyi dengan nada sumbang. Come on guys, ini pesta pernikahan, bukan tempat karaoke untuk unjuk kebolehan menyanyi.

3. Kekurangan Porsi Hidangan Pernikahan

tamu undangan pernikahan
Urusan makan bisa bikin tamu senang, atau acara nikahan jadi bahan cacian…

Ketika menghadiri pernikahan, tamu undangan tentu berharap dapat menyantap hidangan yang enak-enak. Apa jadinya bila jangankan menikmati hidangan lezat, menu yang akan disantap  saja tak ada. Kurangnya porsi menu makanan di pernikahan tentu menimbulkan kekecewaan bagi tamu undangan. Maka dari itu, pastikan bahwa porsi katering yang dihidangkan cukup untuk seluruh tamu undangan.

4. Tempat yang Panas

dekorasi outdoor palembang node wedding
Pastiin venue pernikahanmu sejuk biar tamu betah…

Menghadiri pesta pernikahan membuat tamu undangan seringkali mengenakan pakaian resmi yang berbahan cukup tebal. Apabila venue pernikahan cukup panas tentu mengganggu kenyamanan tamu undangan. Sehingga menyebabkan mereka buru-buru meninggalkan acara pesta pernikahanmu. Karena itu, usahakan untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Kalau kamu resepsi di gedung, pastikan semua AC menyala dan suhu terjaga. Kalau kamu mengadakan resepsi pernikahan di rumah, usahakan untuk sewa misty fan agar tamu undangan betah mengikuti prosesi resepsi pernikahanmu.

5. Kehabisan Souvenir

kehabisan souvenir pernikahan
sakitnya tuh disini kalo gak kebagian souvenir nikahan temen….

Memberi souvenir pernikahan merupakan bentuk penghargaan bagi tamu undagan yang sudah menyempatkan diri hadir di acara pesta pernikahan. Karena itu, usahakan agar jangan sampai kehabisan souvenir pernikahan. Karena selain hal tersebut cukup memalukan, juga mengurangi rasa penghormatan kepada tamu.

6. Pembawa acara membahas hal-hal ‘dewasa’

hal yang dibenci tamu undangan pernikahan
Udah tau banyak jomblo, masih aja ‘tega’ bahas yang enggak-enggak…

Meskipun terkadang terdengar lucu, namun tidak semua orang menyukai humor yang nyerempet-nyerempet urusan suami istri dari pembawa acara di acara resepsi pernikahan. Apalagi yang banyak datang ke acara pernikahanmu masih jomblo, makin dongkol lah perasaan mereka jadinya mendengar jokes-jokes yang agak menjurus ke urusan ‘if you know what I mean’ .

7. Ketemu teman terus ditanyain “Kapan Nyusul?”

kapan nyusul nikah, kapan nyusul,kapan nyusul nikahan, kapan kawin,kapan nyusul kawin
Kesel banget kalau udah ditanyain ini…

Siapa sih yang tidak ingin menikah? Setiap orang pasti ingin merasakan indahnya duduk manis di kursi pelaminan. Tapi kalau jodohnya belum ketemu mau gimana lagi. Pasangan udah ada, tapi uang belum kekumpul juga salah satu alasan kenapa belum jua menikah. Karena itu, salah satu hal yang dibenci tamu undangan pernikahan adalah ketemu temen yang dengan santainya nanyain “Kapan Nyusul?”

8. Ketemu Mantan…..Tapi Mantan Duduk di Pelaminan

hadir pernikahan mantan, ketemu mantan di acara pernikahan, menghadiri nikahan mantan
Yah mau gimana lagi, namanya juga hidup…

Salah satu yang paling bikin tamu undangan benci banget adalah hadir ke acara nikahan mantan. Apalagi dia nikah sama temen sendiri. Rasanya hati tersayat-sayat sembilu.

[Baca Juga: Ide Alternatif Kendaraan Selain Mobil Pengantin yang Layak Kamu Coba]

Nah, usahakan acara pesta pernikahanmu nanti tidak ada serangkaian hal yang sangat dibenci oleh tamu undangan pernikahan ya. Kamu tentu tidak mau kan acara resepsi pernikahanmu justru jadi omongan orang nantinya.