Tips Aman Makan Mie Instan Saat Hamil
Posted by nadia on 11th June 2017
| 119 views

Tips Aman Makan Mie Instan Saat Hamil – mie instant termasuk didalam kategori makanan yang paling praktis dan sangat populer dikalangan masyarakat. Konsumsi mie instant sering dijadikan sebagai santapan pengganjal perut ketika lapar. Bahkan sekarang ini mie instant dimanfaatkan sebagai makanan pokok untuk sebagian masyarakat yang tidak ada waktu memasak.

Padahal disini ada aturan khusus ketika mengkonsumsi mie instant. Itu karena mie instant mempunyai kandungan zat kimia sangat tinggi yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Sebelum anda mengetahui Tips Aman Makan Mie Instan Saat Hamil, ada baiknya jika anda mengetahui dulu komposisi mie instant sebenarnya.

Komposisi Mie Instan

Saat memasak mie instan, serta melihat komposisi pada bagian kemasannya, tentu anda akan menemukan apa saja bahan dasar mie instan. Seperti tepung yang dibumbui oleh garam, minyak, cabai dan disertai sayuran kering. Sedangkan untuk memperoleh tekstur mie yang lebih kenyal, telah digunakan natrium polifosfat. Saat anda menikmati olahan mie instan, maka dilidah akan terasa nikmat disertai kuah yang sangat gurih.

Hal ini disebabkan mie instan memakai pengatur keasaman berupa natrium karbonat dengan kalium karbonat, dengan penguat rasa berupa zat monosodium glutamate. Jadi, berdasarkan komposisi yang terdapat didalamnya, mie instan mengandung beberapa zat seperti karbohidrat, lemak, serat, asam folat, vitamin A, B12, B6, C, B1, kalsium dengan zat besi. Keseluruhan zat gizi ini diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan janin yang terdapat dalam kandungan. Hanya saja jumlah yang ada tidak mencukupi kebutuhan asupan gizi harian bagi ibu hamil. Sehingga ibu hamil membutuhkan tambahan nutrisi atau zat gizi dengan cara mengkonsumsi makanan segar misalnya sayur, buah serta makanan gizi yang lain.

[Baca Juga: Daftar Makanan Penguat Kandungan Lemah]

Untuk ibu hamil yang suka mengkonsumsi mie instan, masih diperbolehkan, asalkan jumlahnya diperhatikan. Hindari mengkonsumsi mie instan secara keseringan, karena tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil. Jadi, Ibu hamil membutuhkan makanan utama dengan kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuhnya seperti sayuran, ikan, buah-buahan, daging, susu maupun makanan bergizi lainnya.

Mie instan diperbolehkan untuk dikonsumsi sekali waktu namun tidak boleh dikonsumsi sampai lebih dari 3 kali dalam seminggu. Bila anda terpaksa mengkonsumsinya, ketika hamil, maka gunakan beberapa tips berikut ini guna mengurangi zat adiktif dalam mie instan.

Tips Aman Makan Mie Instan Saat Hamil

  • Rebuslah mie dengan 2 kali takaran air, kemudian angkat mie lalu buang air rebusannya.
  • Lalu masukan kembali mie instan yang telah diangkat kedalam air yang sudah dipanaskan supaya rasa khas mie instan tidak menghilang.
  • Tahap selanjutnya campurkan bahan makanan yang menjadi pelengkap lainnya didalam mie Seperti syuran, ikan, tomat, telur maupun ayam agar melengkapi nutrisinya. Disamping bisa membuat rasa mie instan menjadi lebih istimewa, ini juga bisa berfungsi untuk mengurangi dampak negatif sekaligus untuk mencukupi kebutuhan gizi dari ibu hamil.
  • Jangan mengkonsumsi mie pada wadah plastik karena lelehan wadah tersebut bisa beresiko bagi

Sekarang saatnya anda memperhatikan kesehatan anda dan janin dalam kandungan dibanding hanya ingin memanjakan lidah dengan sekejap. Karena kehamilan merupakan momen yang sangat penting dalam hidup anda. Oleh karena itu, memilah makanan yang dikonsumsi yang menyehatkan supaya bermanfaat bagi anda dan janin dapat mengurangi resiko pada kehamilan anda. Jika anda ingin mengkonsumsi mie instan, ikuti Tips Aman Makan Mie Instan Saat HamilĀ diatas.

Semoga informasi dari TipsPernikahan.com diatas dapat bermanfaat. Follow kami di Instagram untuk dapatkan inspirasi terbaru seputar dunia pernikahan dan rumah tangga.