Tips Bekerja Saat Hamil bagi Wanita Karir
Posted by nadia on 9th June 2017
| 28 views

Tips Bekerja Saat Hamil – bila kehamilan Anda berjalan lancar dan telah bekerja dalam lingkungan yang aman, pastinya dengan senang akan melanjutkan pekerjaan Anda. Bila Anda merasa jika Anda akan mengalami resiko sebagai akibat kerjaan yang Anda lakukan, maka ada solusinya. Anda harus berbicara pada departemen yang mengatur sumber daya manusia supaya anda dipindah posisi di tempat kerja yang tempatnya lebih aman. Risiko yang terjadi bisa berasal dari bahan-bahan atau material tempat bekerja, cara bekerja yang melakukan perjalanan secara berlebihan, turun naik tangga ataupun kerja berat berlebihan. Jika anda sedang hamil dan ingin tetap bekerja, silahkan ikuti Tips Bekerja Saat Hamil dibawah ini :

Evaluasi Ruang Kerja Anda.

Sebenarnya bekerja di komputer tak akan membahayakan janin Anda untuk berkembang. Akan tetapi wanita hamil akan lebih rentan dengan mati rasa, bagian jari yang pegal, jadi pastikan agar melakukan pengaturan meja dengan kursi agar posisi anda bisa senyaman mungkin selama masa kehamilan.

Jangan Memakai Sepatu Hak Tinggi.

Pemakaian sepatu hak tinggi bisa menyebabkan peregangan otot-otot pada area pinggang. Ibu hamil lebih sering mengeluh rasa sakit serta pegal pada daerah pinggang. Ini disebabkan saat hamil telah terjadi perubahan pada sumbu tubuh, yang mana tubuh lebih cenderung condong di depan. Jadi ibu hamil akan berusaha menegakkan tubuh caranya dengan meregangkan otot pinggang maupun punggung.

Sehingga bila ibu hamil memakai sepatu hak tinggi, maka peregangan otot pada daerah pinggang ataupun punggung bisa semakin bertambah. Dikarenakan beban ke depan berlipat ganda, dari kehamilan sendiri sekaligus dari pemakaian hak tinggi. Sehingga mengakibatkan pinggang ataupun punggung yang terasa semakin sakit.

Bukan hanya itu, pemakaian sepatu hak tinggi juga bisa mengganggu keseimbangan tubuh, khususnya pada saat kehamilan sudah mulai membesar. Sehingga beresiko jatuh. Karena terjatuh, biasanya kehamilan ataupun ibu hamil akan merasakan trauma, bahkan lebih buruknya lagi akan terjadi cacat janin ataupun keguguran.

Beristirahatlah Secukupnya.

Bila tubuh dan pikiran mulai merasa lelah, maka berisitrahatlah sejenak walaupun belum memasuki waktu istrirahat. Lakukan dengan berdiri serta meluruskan atau menggerak-gerakan kaki jika Anda tadinya duduk terlalu lama secara perlahan. Bila pekerjaan anda memaksa banyak berdiri, maka duduklah kemudian sembari mengangkat kaki yang lurus, gunakan kursi sebagai tambahan untuk ganjalannya.

Kurangi Stress.

Bila Anda tidak bisa menghilangkan faktor stres selama berada di tempat kerja, coba temukan cara dalam mengelolanya. Misalnya latihan pernafasan, yoga, jalan-jalan pendek, dan peregangan. Menjaga diri stress merupakan cara menjaga kehamilan trisemester pertama.

Makan Dengan Benar.

Atur pola makan secara benar, penuhi asupan gizi anda dengan kandungan nutrisi yang baik. Anda juga harus menyediakan makanan kecil ataupun minuman selama anda bekerja. Perbanyak minum air putih tetapi hindari minum kopi ataupun minuman beralkohol. Jagalah pola makan anda dengan cara memenuhi gizi yang seimbang, dan hindari makanan yang bisa memicu gula darah naik seperti makanan manis-manis, goreng-gorengan, berlemak dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Makanan berserat serta buah-buahan segar juga sangat dianjurkan sebab bisa mempertahankan kekenyangan yang lebih lama, selain itu, juga bisa mengurangi jumlah kolesterol pada darah anda.

Baca Juga:
Makanan Penguat Kandungan Lemah, Ibu Hamil yang Tahu
Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin
Inilah Manfaat Air Kelapa yang Menakjubkan untuk Ibu Hamil

Berpakaianlah Senyaman Mungkin.

Pergunakan pakaian yang bisa menyerap keringat, misalnya dari bahan katun. Ini sangat berguna dalam menghindari gatal-gatal pada perut ketika kehamilan, disamping itu hindari pakaian terlalu ketat karena bisa menyiksa perut anda. Tips Bekerja Saat Hamil bisa anda jadikan solusi ketika anda tetap bekerja selama kehamilan.