Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan Secara Aman
Posted by nadia on 9th June 2017
| 97 views

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan – adanya jahitan dalam proses melahirkan umumnya bisa disebabkan karena adanya robekan yang telah terjadi pada bagian area kewanitaan. Sedangkan robekan ataupun guntingan berdasarkan istilah kedokteran biasa disebut dengan episiotomi. Istilah tersebut berarti pengguntingan yang dilakukan guna melebarkan proses jalannya kelahiran bayi. Walaupun pada umumnya dokter memberikan anestesi lokal guna menghilangkan rasa sakit, namun anda bisa meminimalisir terjadinya episiotomi tersebut dengan melakukan Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan berikut ini.

  1. Menyiapkan diri sebelum persalinan.

Hal utama yang harus di lakukan ialah membuat diri sendiri yakin jika proses persalinan dapat berjalan dengan baik. Sehingga kemampuan diri anda saat menjalani proses normal ialah salah satu modal paling utama untuk memasuki persalinan secara normal tanpa adanya jahitan. Sementara beberapa cara contohnya pijatan prenium yang biasanya dilakukan di bulan-bulan akhir trimester 3 ataupun latihan dengan melakukan senam kegel yang tujuannya untuk melatih otot-otot pada lubang pengeluaran tersebut.

  1. Memilih tempat.

Langkah pemilihan tempat adalah salah satu faktor guna mendapatkan proses persalinan secara normal tanpa adanya jahitan. Walaupun semua kembali dalam kondisinya, kesehatan anda serta janin akan lebih terbantu karena tempat yang nyaman bisa membuat anda rileks dalam menjalani persalinan secara lancar. Pilih juga tempat yang memungkinkan bisa bergerak bebas seperti tempat tidur yang tak terlalu sempit serta menggangu proses persalinan. Kondisi yang terlalu ramai bisa membuat anda tidak merasa rileks dan bisa memicu kecemasan secara berlebih yang akan mengakibatkan terganggunya persalinan anda.

  1. Hindari kelelahan yang berlebih mendekati masa persalinan.

Penyebab terjadinya episiotomi salah satunya ialah adanya gangguan yang dialami oleh ibu hamil baik gangguan secara ringan atau berat. Gangguan ringan misalnya kelelahan adalah salah satu alasan dilakukannya pengguntingan ataupun robekan (episiotomi ). Jadi, hindari aktivitas secara berlebih saat anda memasuki bulan terakhir masa kehamilan, dan mendekati persalinan anda. Pergunakan waktu istirahat dengan cukup sekaligus jagalah asupan nutrisi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kalori agar memiliki energi ekstra menjelang proses persalinan anda.

  1. Melakukan gerakan ringan untuk melatih otot.

Beberapa gerakan ringan yang biasa dilakukan dalam trimester terakhir ialah dengan lakukan gerakan kepala, dahi maupun hidung agar menyentuh lantai. Itu juga bisa anda lakukan dengan tangan, lutut maupun jari-jari kaki yang harus ikut menyentuh lantai. Gerakan tersebut akan membantu bayi memasuki posisi terbaik serta mendorong bayi dan meminimalisir keadaan sungsang saat proses lahirnya. Anda juga dapat mengelola posisi lainnya seperti melakukan aktivitas di rumah dan berjalan sebanyak yang telah anda sanggupi. Ketika anda dalam posisi jongkok, sebaiknya dengan bantuan berpegang pada benda kuat yang ada di samping anda saat itu.

  1. 5. Alpukat dan minyak zaitun untuk peregangan membantu proses persalinan.

Anda bisa mengkonsumsi alpukat atau minyak zaitun guna membantu peregangan kulit dari dalam tubuh. Konsumsi teh dari daun raspberry selama trimester terakhir dan dengan ukuran 2cangkir setiap hari bisa membuat proses persalinan dikarenakan membantu adanya kontraksi yang lebih produktif.

  1. 6. Usahakan untuk tidak mengangkat bokong.

Posisi mengangkat bokong (pantat) saat proses persalinan bisa menyebabkan terjadinya robekan pada jalan lahir bayi menjadi lebih luas. Hal tersebut karena jika bokong anda terangkat, maka tidak adanya penyangga sehingga menyebabkan otot dapat mudah terkoyak. Jika anda tidak ingin seperti itu, ikuti Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan diatas.

Semoga informasi tentang Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan dari TipsPernikahan.com ini dapat bermanfaat.