Tips Meminimalisir Perdebatan dengan Orang Tua Menjelang Pernikahan
Posted by nadia on 13th June 2017
| 52 views

Tips Meminimalisir Perdebatan dengan Orang Tua Menjelang Pernikahan – Menjelang pernikahan (proses persiapan) merupakan titik rawan untuk setiap pasangan yang akan menikah. Tidak jarang pada saat masa ini perbedaan pendapat, perdebatan, hingga perselisihan terjadi diantara kalian dengan pasangan, orang tua, calon mertua, atau bahkan keluarga.

Mari kenali penyebab dari perselisihan dan solusi yang harus kalian lakukan untuk mencegah ataupun menyelesaikan perselisihan yang sudah terjadi.

Tips Meminimalisir Perdebatan dengan Orang Tua

Komunikasi Yang Terhenti 

(Tips Meminimalisir Perdebatan dengan Orang Tua) Ketika kalian menyiapkan pernikahan pasti jadwal dan kesibukkan akan meningkat dari biasanya. Hal seperti inilah yang sering menjadi pemicu kurangnya komunikasi bagi calon pengantin kepada orang tua, yang kalau tak segera diselesaikan bisa berbuntut pada pertengkaran.

Solusinya adalah dengan meluangkan waktu berkomunikasi dengan orang tua/calon mertua di tengah kesibukkan agar terhindar dari masalah besar dan kesalahpahaman. Bila tidak sempat bertemu, kalian dapat berkomunikasi via telepon dahulu. Tetapi jika masalah terlanjur datang, komunikasi secara langsung akan sangat efektif untuk mencari jalan keluar.

Janganlah kalian menunda-nunda dalam menyampaikan informasi. Komunikasi yang intens akan memperbaiki keadaan bila sudah terjadi kesalahpahaman. Tetapi hal yang paling penting ialah cara kalian berkomunikasi.

Ketika Ego Bertemu Emosi

(Tips Meminimalisir Perdebatan dengan Orang Tua) Terkadang akar dari semua permasalahan yang ada ialah ego dan emosi. Tidak jarang kalian lebih mendominasi dalam persiapan pernikahan dari orang tua. Memang itu adalah pesta dan acara yang kalian buat untuk kalian juga. Namun terkadang orang tua/calon mertua akan ikut andil dalam persiapan pesta tersebut.

Janganlah bersikap mau menang sendiri dan prasangka negatif. Janganlah berpikir bahwa nantinya pesta pernikahan akan berantakkan jika menggunakan wedding organizer dari rujukan orang tua atau tidak tampil cantik karena memakai jasa penjahit langganan calon mertua.

Sebanyak-banyaknya masalah selama kalian dapat mengontrol emosi dan mengalahkan ego pasti dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik. Libatkanlah orang tua/calon mertua untuk beberapa proses pernikahan agar kesan menghargai dan menghormati orang tua/calon mertua ditanamkan sejak sebelum menikah.

Baca: 6 kesalahan fatal yang sering terjadi ketika memilih resepsi di gedung

Ada baiknya untuk mendiskusikan setiap masalah yang muncul dengan tenang dan berkepala dingin. Tidak perlu sering mengeluh apalagi sampai menangis di depan pasangan/orang tua.

Itulah tips pernikahan dari kami, semoga bisa membantu kalian semua.