Tips Mengatasi Ketidaknyamanan Saat Trimester Kedua Kehamilan
Posted by nadia on 4th July 2017
| 137 views

Tips mengatasi ketidaknyamanan saat trimester kedua kehamilan – Perubahan bentuk tubuh pastinya akan mulai terlihat pada trimester kedua kehamilan. Kondisi yang seperti ini bisa saja memicu ketidaknyamanan pada tubuh ibu hamil. Walaupun demikian, kebanyakan wanita merasa lebih mudah jalani kehamilannya di trimester ini daripada trimester pertama kehamilan.

Trimester kedua kehamilan akan berlangsung sejak minggu ke-13 sampai dengan minggu ke-27 kehamilan. Yang mana pada periode tersebut biasanya ibu hamil sudah tak lagi alami mual atau pun muntah yang pastinya sangat mengganggu kualias hidup. Tubuh Anda juga kemungkinkan sudah lebih bertenaga bila dibandingkan trimester sebelumnya. Tetapi, tetap saja ada beberapa ketidaknyamanan yang mungkin saja muncul selama jalani masa tersebut. Di bawah ini ada beberapa tips mengatasi ketidaknyamanan saat trimester kedua kehamilan yang harus Anda tahu.

Tips Mengatasi Ketidaknyamanan Saat Trimester Kedua Kehamilan

trimester kedua kehamilan
Trisemester kedua kehamilan mempunyai beberapa dampak pada tubuh ibu hamil… Source: Tips Pernikahan

Pusing

Pembuluh darah bisa saja melebar dan tekanan darah bisa juga menurun pada saat kehamilan. Kondisi seperti ini mungkin bisa menjadikan ibu hamil jadi pusing. Disarankan segera istirahat yang cukup dengan membaringkan tubuh kesisi kiri untuk bantu pulihkan tekanan darah Anda. Selain hal tersebut, memperbanyak konsumsi air putih dan bangun perlahan setelah duduk maupun berbaring juga bisa cegah Anda alami pusing.

Hidung tersumbat

Perlu Anda tahu bahwa selaput lendir yang lapisi hidup bisa saja jadi bengkak akibat terjadinya perubahan hormon selama masa kehamilan. Kondisi seperti ini juga bisa jadikan hidung Anda rentan alami perdarahan. Nah, untuk mengatasi ketidaknyamanan ini Anda bisa melakukan penanganan alami, seperti halnya meneteskan larutan garam dalam hidung atau pun metode alami lainnya.

Masalah pada gusi

Perubahan hormone selama masa kehamilan akan meningkatkan sirkulasi darah ke gusi Anda, sehingga bisa menjadikan gusi Anda jadi lunak dan sensitive. Hal yang demikian ini mungkin saja bisa sebabkan perdarahan di gusi pada saat Anda menyikat gigi. Jadi selama hamil gunakan saja sikat gigi yang berbulu halus untuk kurangi gesekan yang bisa sebabkan iritasi di gusi. Anda juga harus menyikatnya secara perlahan.

Perubahan kulit

Sebenarnya Anda tak perlu kaget pada saat melihat rona kulit Anda berubah selama masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan kehamilan bisa merangsang produksi melanin yang bisa memicu noda hitam di kulit. Noda ini bisa saja jadi semakin buruk lagi pada saat terpajan oleh sinar matahari. Jadi, Anda disarankan untuk hindari paparan sinar matahari secara langsung, atau setidaknya dengan menggunakan tabir surya saat aktifitas di luar ruangan. Selain noda hitam, ibu hamil mungkin saja juga bisa melihat adanya guratan berwarna merah atau ungu disekitar payudara, bokong, paha, maupun perut. Nah untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan pelembab.

Demikian informasi tentang tips mengatasi ketidaknyamanan saat trimester kedua kehamilan. Semoga bermanfaat.