5 Hal yang Sering Mengganggu Saat Trimester Pertama Kehamilan
Posted by nadia on 14th June 2017
| 138 views

Trimester pertama kehamilan – Hati yang berdebar – debar khususnya bagi ibu hamil yang baru pertama kali merasakan kehamilan memang akan dirasakan di trimester pertama kehamilan. Bahkan banyak kekhawatiran yang begitu saja menyelinap di alam pikir mereka pada trimester pertama kehamilan.

Jika Anda juga salah satu orang yang merasakan gangguan di trimester pertama kehamilan Anda tentu perlu mencari solusinya. Tetapi sebelum itu baiknya kita cari tahu beberapa hal yang sering mengganggu saat trimester pertama kehamilan. Dengan mengetahui apa saja gangguan tersebut tentu Anda akan bisa lebih waspada dan lebih mudah mencari solusinya. Berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda.

Baca Juga: Cara menjaga kehamilan trisemester pertama agar tidak keguguran

Gangguan Saat Trimester Pertama Kehamilan

Trimester Pertama Kehamilan
Beberapa hal yang sering mengganggu di masa awal kehamilan. Source: Tips Pernikahan

Mudah lelah di trimester pertama kehamilan

Lonjakan hormon progesteron di awal kehamilan dapat memicu rasa kantuk yang tidak bisa Anda lawan. Nanti rasa kantuk ini biasanya berangsur – angsur akan berkurang ketika kehamilan sudah berusia pada 8 minggu sampai dengan 10 minggu. Kondisi ini nantinya jarang terjadi di trimester kedua kehamilan. Sangat disarankan agar Anda istirahat sebanyak mungkin dan biasakan tidur siang dan tidur malam lebih cepat dari biasanya. Pastikan juga agar Anda mendapat asupan zat besi yang cukup karena kekurangan zat besi juga memicu anemia yang membuat Anda merasa mudah lelah. (Baca: cara mengatasi berkurangnya nafsu makan pada ibu hamil)

Payudara terasa nyeri

Hal yang sering mengganggu ketika trimester pertama kehamilan yang lain adalah payudara yang terasa nyeri. Rasa nyeri ini bisa disertai dengan pembengkakan pada area payudara Anda. Kondisi ini terjadi karena saat ini payudara Anda sedang menyiapkan saluran ASI. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini, Anda bisa kenakan bra dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya atau pakai bra yang menopang payudara seperti bra yang digunakan untuk olahraga.

Merasa mual

Biasanya rasa mual dapat mulai terjadi paling cepat tiga minggu setelah dia hamil. Kondisi ini terjadi sebagai akibat untuk meningkatkan hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan pencernaan di lambung melambat. Anda juga dapat merasakan mual kapan saja namun kondisi paling parah terjadi di pagi hari sehingga banyak yang menyebut peristiwa ini sebagai suatu keadaan morning sickness. Biasanya terjadinya morning sickness terjadi di trimester pertama kehamilan bahkan juga di trimester kedua tetapi akan hilang seiring bertambahnya usia kehamilan. (Baca: tips aman mengatasi sakit pinggang dan mudah mual saat hamil)

Merasa pusing

Pusing selama kehamilan dirasakan seperti rasa ingin pingsan atau kepala terasa ringan. Rasa tidak nyaman ini terjadi karena selama kehamilan pembuluh – pembuluh darah dapat melebar dan pada akhirnya tekanan darah bisa jadi menurun. Kondisi ini juga mungkin bisa terjadi akibat gula darah yang mengalami penurunan. Karena pada saat ini Anda sedang melakukan adaptasi dengan metabolisme tubuh yang berubah seiring dengan kehamilan. Baiknya Anda hindari berdiri terlalu lama karena berdiri terlalu lama akan membuat Anda juga mudah pusing. Jika pusing tiba – tiba ketika Anda berdiri, disarankan untuk Anda istirahatkan diri dengan berbaring di sisi kiri tubuh.

Suasana hati yang kacau

Walau punya buah hati adalah keinginan tetapi tetap fokus dan jangan stres. Atau jika Anda punya pikiran negatif tentang proses persalinan, baiknya Anda hindari semua pemikiran. Hal ini juga bisa terjadi akibat perubahan hormon, rasa lelah dan pikiran negatif tentang dunia kehamilan. Semua itu harus tertangani dulu dengan baik.

Itulah beberapa hal yang sering mengganggu pada trimester pertama kehamilan. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat.