5 Film Keren yang Mengangkat Tema Bullying, Orang Tua Wajib Nonton

Belum lama ini publik dikejutkan dengan kasus bullying yang menimpa Audrey, siswi SMP di Pontianak, Kalimantan Barat. Ia dikeroyok oleh 12 siswi SMA yang terbilang sadis. Kasus itu pun lantas menjadi viral dengan tagar #JusticeforAudrey.

Pada dasarnya, kasus bullying atau perundungan marak di kalangan remaja. Entah itu secara verbal, non verbal, atau bahkan melalui dunia maya. Semua yang terlibat bullying akan mendapatkan bebannya tersendiri, khususnya bagi para korban.

Berikut ada lima film yang mengingatkan kita agar lebih waspada dan terhindar dari kasus bullying. Antara lain:

Bang Bang You’re Dead (2002)

Film ini tayang tahun 2002, dibintangi Tom Cavanagh and Ben Foster. Trevor Adams yang diperankan Ben Foster adalah siswa SMA yang sebenarnya cerdas dan teladan. Semua memandangnya dengan pandangan aneh dan melakukan bullying secara ekstrem. Hampir semua orang, termasuk sahabatnya sendiri mem-bully dirinya.

Karena itulah ia mengancam akan mengebom sekolah. Namun ada satu orang yang masih peduli padanya, yaitu Mr. Val Duncan (Tom Cavanagh), salah satu gurunya. Mr. Val ingin menolong Trevor agar tidak terjerumus dalam dunia itu lagi.

The Karate Kid (2010)

Dibintangi oleh Jackie Chan dan Jaden Smith, The Karate Kid bercerita tentang anak bernama Dre Parker yang harus pindah sekolah dari Detroit ke Beijing. Ia mengalami kesulitan beradaptasi di tempat barunya lantaran penampilannya cukup beda.

Di sanalah, ia mulai mengalami bullying dari sekelompok anak diketuai Cheng yang jago kungfu. Sejak saat itu ia bertekad mempelajari kungfu dari teknisi bernama Mr. Han (Jackie Chan) untuk keluar dari belenggu penindasan tersebut.

Unfriended (2014)

Unfriended cukup unik karena dilihat dari sudut layar laptop. Diproduksi pada tahun 2014, cerita berawal dimana tiba-tiba muncul akun bernama Billie227. Ia mengaku bernama Laura, korban bully yang tewas bunuh diri setahun sebelumnya.

Laura muncul di tengah-tengah Blaire (Shelley Henning) dan kekasihnya Mitch (Moses J. Storm), juga tiga teman lainnya saat berbincang melalui Skype. Lalu, Laura membeberkan siapa saya yang telah mem-bully hingga dirinya tewas.

Cyberbully (2015)

Film ini memberi gambaran kepada kita bahwa dengan satu kalimat di dunia maya saja bisa menyebabkan seseorang depresi bahkan bunuh diri. Berkisah tentang Casey (Maisie Williams) yang sedang melakukan video call via Skype bersama Megan (Ella Purnell), ia terkejut saat melihat tweet dari Nathan, mantan kekasih Casey.

Nathan menceritakan keburukan Casey. Merasa tidak terima, Casey menghubungi Alex untuk meretas akun Nathan. Keanehan terjadi saat ia mendapat balasan dari orang yang mengaku sebagai Alex. Ternyata seseorang tak dikenal inilah yang menyebarkan semua keburukan Casey.

A Girl Like Her (2015)

Film ini berawal dari Jessica Burns (Lexi Ainsworth) mencoba untuk bunuh diri. Ia tak tahan atas tindakan perundungan yang dilakukan kepadanya di sekolah.

Semua orang mengatakan bahwa Avery Keller (Hunter King) sering melakukan perundungan kepadanya. Avery menyangkal tuduhan itu dengan membuat video kesehariannya sebagai siswi populer yang disegani teman sekolahnya.

Menurut sahabat baik Jessica yaitu Brian (Jimmy Bennett), Avery mulai melakukan bully hanya karena hal sepele.

Ayo Sebarkan Konten Bermanfaat Ini!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pilihan Editor