Cara Jitu Mengatasi Ruam Merah pada Bayi Akibat Popok

Must Try

Bunda pasti sering mengalami sering kali penggunaan popok pada bayi ini membuat kulitnya ruam di area genital. Nah, apabila hal ini terjadi pada bayi bunda, maka Anda dalam memilih popok untuk si bayi harus cermat.

Supaya popok yang digunakan oleh bayi bunda aman sehingga ia tidak mengalami yang namanya ruam merah. Tentunya bunda tidak mau kan kulit bayi Anda ruam merah? Untuk itu Anda harus cermat dalam memilih popok untuk bayi.

Namun, jika hal ini sudah terlanjur terjadi pada bayi bunda, maka langkah yang harus bunda lakukan adalah mencari solusi bagaimana cara mengatasi ruam merah tersebut. Tenanglah bunda jangan panik dan cemas dulu ya!

Kali ini Tips Pernikahan akan membagikan sedikit ilmu mungkin ini bisa menjadi solusi bunda untuk mengatasi masalah. Lantas, bagaimana cara mengatasi ruam merah pada kulit bayi ini? Simak lansirannya dibawah ini.

Inilah beberapa cara untuk mengatasi ruam merah dikulit akibat popok

Bersihkan lembut area genital

Jika kulit bayi bunda ruam merah, maka segera bersihkan dengan lembut menggunakan kain yang lembut dengan cara dibasahi. Atau bisa juga bunda menggunakan tisu basah, namun penggunaan tisu basah tidak boleh sembarangan lho!

Harus yang khusus bayi dan bebas dari alkohol serta bau wangi. Dengan begitu bunda bisa membersihkan area genital bayi menggunakan tisu tersebut. Namun, jika kotoran yang ada dikulit bayi ini sulit sekali untuk dibersihkan, maka bunda bisa menggunakan air dan sabun yang khusus untuk bayi. Supaya kulitnya tidak bertambah ruam merah.

Hindari menggosok area genital

Bunda ketika Anda sedang membersihkan dan mengeringkan area bayi yang ruam merah, hindari cara menggosok. Nah, alangkah baiknya jika bunda mengeringkan kulit bayi ini dengan cara menepuk bagian yang basah tersebut dengan kain yang kering atau tisu.

Pasalnya jika kulit bayi bunda ruam yang parah, maka alangkah baiknya jika dibiarkan kering sendiri dengan bantuan udara. Karena mengeringkan kulit bayi yang ruam dengan menggunakan udara baik tidak menyebabkan iritasi.

Oleskan salep atau krim

Bunda jika ruam yang dialami pada bayi terlalu parah, maka bunda bisa mengoleskan salep pada bagian kulit yang ruam. Adapun dalam menggunakan salep atau krim untuk mengobati ruam pada bayi tidak boleh sembarangan.

Adapun salep atau krim yang bisa bunda gunakan untuk mengobati ruam yang diakibatkan oleh popok, yaitu salap atau krim yang mengandung zinc oxide atau petroleum jelly.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat Anda terapkan. Sebenarnya masih banyak cara – cara lainnya yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi yang kami berikan tentang cara mengobati ruam merah pada kulit bayi akibat popok bermanfaat.

Trending Topic

Baca Juga: