Cara Membangunkan Anak Tanpa Drama dan Air Mata di Pagi Hari

Membangunkan anak menjadi tantangan tersendiri untuk para orang tua. Tak jarang, pagi hari menjadi momen drama karena si kecil susah banget dibangunkan. Apalagi setelah anak-anak melewati liburan sekolah, yang membuat mereka terbangun sedikit lebih siang.

Bunda dan Ayah juga sering dibuat kesal karena hal ini? Psikolog keluarga, David Swanson menuturkan sangat penting untuk mulai perencanaan dini, Bun. Bunda dan Ayah harus memahami bahwa anak membutuhkan proses untuk melewati transisi dari masa liburan ke jadwal masuk ke sekolah.

“Orangtua kerap membuat kesalahan dengan menunggu sampai menit terakhir. Seharusnya, biarkan anak-anak tidur lebih awal di malam hari jauh sebelum jadwal sekolah kembali dijalani agar mendapatkan pagi yang lancar. Bunda dapat mempersiapkan anak-anak setidaknya seminggu sebelum sekolah dimulai,”ujar Swanson dikutip dari Webmd.

Selain itu, Bunda juga perlu mengatur agenda di luar jadwal tidur anak-anak. Seperti misalnya makan malam pada waktu yang ditentukan, batasi waktu menggunakan komputer, menonton televisi dan video game,”kata Swanson.

Bunda juga dapat mengatur ulang jadwal rutin anak-anak. Sebab, setelah mereka terbebas dari agenda rutin seperti bangun tidur dan juga belajar, jam tidur mereka menjadi tak teratur. Jill Spivack, co-author The Sleepeasy Solutionmengatakan, untuk mulai mengatur kembali alarm mereka sejak seminggu sebelum liburan berakhir. Cara itu akan membantu mereka bisa bangun lebih awal.

“Jika Bunda melakukannya hari demi hari dan memulai rutinitas yang santai setelah makan malam dengan menenangkan, mematikan gadget, dan menuju ke kamar tidur, hal tersebut akan membantu anak-anak tidur lebih awal. Dan, biarkan tirai terbuka di pagi hari agar cahaya matahari masuk secara alami dan menggeser waktu bangun anak-anak,”katanya.

Melansir Noguiltmom, perlahan-lahan menyesuaikan jadwal tidur anak juga menjadi trik yang bisa dipraktikkan, Bun. Misalnya, dengan menyesuaikan waktu tidur mereka untuk kembali ke jadwal semula secara bertahap.

Bunda dapat mempraktikkannya dengan menerapkan seminggu sebelum sekolah dimulai kembali. Mulai dengan menerapkan jam tidur pada pukul 9 malam. Kemudian, hari berikutnya Bunda dapat menetapkan jam tidur anak pukul 08.30 malam dan di hari berikutnya pada pukul 08.00 malam. Sehingga, jadwal tidur pun kembali normal seperti semula.

Jangan lupa juga,Bunda perlu menyingkirkan gadget dari anak-anak sebelum tidur, karena dapat berdampak negatif pada kualitas tidur mereka.

Menurut Scientific American, layar gadget memiliki konsentrasi cahaya biru yang lebih tinggi daripada cahaya lainnya. Cahaya ini diketahui memengaruhi kadar melatonin yakni hormon yang menyebabkan seseorang tertidur.

Menjauhkan gadget dari jangkauan anak-anak sebelum tidur menjadi langkah yang perlu dilakukan, Bun.

Semoga berhasil!

Ayo Sebarkan Konten Bermanfaat Ini!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pilihan Editor