Tak Harus Uang, Inilah Deretan Mahar Pernikahan Terpopuler 2021

Dalam sebuah acara pernikahan, selain pakaian, catering, dekorasi, make up dan beberapa hal yang umum dan biasa diperhatikan lebih oleh kedua mempelai. Namun, tahukah kamu bahwa selain beberapa hal tersebut, mahar baik dalam bentuk mahar uang atau mahar benda lainnya merupakan salah satu hal yang wajib untuk dipenuhi. Apalagi pernikahan yang akan dilaksanakan oleh pengantin yang beragama Islam.

Tanpa disadari, terkadang masyarakat masih suka menyamaratakan antara mahar dengan seserahan. Hal ini tentu dikarenakan mahar yang tidak selalu berbentuk uang atau bisa berbentuk benda. Sehingga sulit dibedakan antara seserahan dan mahar.

Dalam sebuah acara pernikahan, kata mahar juga sama seperti mas kawin yang berarti sejumlah uang yang diberikan oleh pengantin laki-laki kepada pengantin wanita sebagai bentuk ketulusan hati agar bisa terikat dalam sebuah hubungan pernikahan.

Mahar atau mas kawin merupakan salah satu syarat sahnya sebuah pernikahan dipastikan bahwa mahar selalu ada dalam acara pernikahan. Agar pernikahan yang ada tentu tidak berakhir sia-sia.

Syarat-syarat Mahar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita bisa mengetahui bahwa ternyata mahar tidak harus berupa uang, melainkan juga bisa berupa barang atau benda-benda tertentu. Namun, kenyataan ini justru malah membuat masyarakat bingung. Kira-kira jenis benda apa saja yang diperbolehkan untuk menjadi mahar dalam sebuah pernikahan,?

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai syarat mahar pernikahan, baik mahar uang atau lainnya. Adapun beberapa syarat mahar tersebut adalah:

  1. Harta yang berharga. Jika tidak berharga, maka tidak bisa dikategorikan sebagai mahar pernikahan.
  2. Mahar tersebut berisi benda-benda yang bermanfaat dan suci.
  3. Benda tersebut merupakan bukan barang ghasab yang berarti bukan benda milik orang lain yang diambil tanpa seizin meskipun sudah berniat akan mengembalikan.
  4. Benda yang tidak jelas keadaannya karena tidak disebutkan jenisnya, maka barang tersebut biar bisa dijadikan sebagai mahar dalam pernikahan.

Jenis-Jenis Mahar Pernikahan