Tak Harus Uang, Inilah Deretan Mahar Pernikahan Terpopuler 2021

Istilah mahar biasanya sering disebutkan dalam acara pernikahan dan konsep bertema agama Islam. Maka di bawah ini juga akan dijelaskan mengenai jenis-jenis mahar uang atau mahar biasa dalam pandangan agama Islam. Adapun beberapa penjelasan jenis mahar pernikahan adalah sebagai berikut.

  1. Mahar Musamma

Yang dimaksud mahar musamma merupakan mahar yang sudah sangat jelas serta ditetapkan dan diucapkan dalam akad nikah. Hal ini berarti bahwa nilai serta kadarnya memang sudah disepakati oleh kedua belah pihak antara suami dan istri.

 Berdasarkan kesepakatan dari para ulama, maka membayar mahar uang atau mahar benda bisa menjadi wajib apabila antara laki-laki dan perempuan tersebut sudah melakukan khalwat atau berdua-duaan. Mahar juga harus atau wajib dibayar meskipun nantinya pernikahannya rusak karena beberapa hal. Jika terjadi perceraian sebelum terjadinya bercampur, suami hanya wajib untuk membayar mahar separuhnya saja.

  1. Mahar Mitsil

Bahan mitsil merupakan mahar yang disesuaikan menurut jumlah dan bentuk yang bisa diterima keluarga pihak istri karena tidak ditentukan sebelum akad nikah berlangsung.

Mengutip dari konsep mahar uang atau mahar benda dalam perspektif fikih dan perundang-undangan yang pernah dirilis oleh Komisi Yudisial mengatakan bahwa mahar bisa diqiyaskan dengan perempuan yang setara di kalangan keluarganya seperti adik-kakak.

Dikiaskan ini berarti bahwa mengkiaskan mahar perempuan-perempuan lain yang setara dengannya dari segi kedudukan dalam masyarakat.

Mahar Uang dan Contoh Mahar Lainnya yang Terpopuler

Pilihan mahar yang biasa digunakan oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di berbagai negara lainnya, biasanya disesuaikan dengan keinginan dari pengantin wanita atau hasil rembukan dari kedua belah pihak. Adapun beberapa contoh mahar yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Mahar uang

Sampai saat ini mahar uang memang merupakan salah satu mahar yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk acara pernikahan. Hal ini dikarenakan mahar uang kertas hingga koin sekalipun dirasa sangat praktis dengan manfaat yang pastinya terasa.

Salah satu contohnya adalah uang tersebut bisa digunakan oleh pengantin wanita untuk mencukupi kebutuhan hidupnya nantinya. Sedangkan selain diberi secara cash, mahar uang ini juga bisa diberikan dalam bentuk hiasan yang nantinya bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah mempelai agar menjadi saksi bisu dari acara pernikahan yang sangat sakral tersebut.

  1. Seperangkat Skincare dan Makeup

Bukan rahasia umum lagi apabila seorang wanita merupakan makhluk yang memang diciptakan dengan berbagai keindahan bentuk fisiknya. Ditambah lagi dengan keuletannya dalam merias dirinya sendiri.

Maka dari itu, jenis mahar pernikahan berikutnya yang bisa kamu pilih yaitu berupa skincare ataupun makeup. Hal itu sebagaimana kedua produk tersebut biasa digunakan mempelai wanita, sehingga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memberikan kejutan kepada sang mempelai.

Dengan memberikan perangkat skincare dan makeup sebagai salah satu mahar dalam acara pernikahan, maka secara tidak langsung kamu ingin melihat agar pengantinmu terlihat selalu cantik meskipun acara sudah selesai.

  1. Emas

Siapa yang tidak suka emas? Pada umumnya emas dipilih sebagai salah satu bentuk investasi karena memang harganya yang akan terus naik setiap tahunnya.

Mahar pernikahan emas memang menjadi salah satu ide yang cukup bagus untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan selain mampu mempercantik calon istrimu, emas juga bisa menjadi salah satu investasi agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan sampai lupa untuk membeli emas sebagai maharmu.

  1. Barang yang Diinginkan Pengantin Perempuan

Setiap orang pasti memiliki beberapa keinginan-keinginan yang memang ingin diwujudkan namun terkendala dengan keuangan. Jika hal itu juga terjadi pada pengantinmu, maka kamu bisa berinisiatif untuk membelikan barang-barang yang memang dibutuhkan atau diincar oleh pengantin wanitamu sebagai pengganti mahar uang.

Hal ini tentu akan membuat pengantinmu semakin mencintaimu karena peka terhadap apa yang ia inginkan. Dalam hal ini kamu harus untuk mencari informasi lebih dalam mengenai barang-barang yang diincar agar kamu tidak salah dalam membelinya.

  1. Barang Mewah

Hampir seluruh manusia di muka bumi ini sangat menyukai barang-barang yang mewah dan tentunya multifungsi. Apalagi barang mewah tersebut diberikan secara gratis. Pasti sangat bahagia bukan?

Perasaan semacam itu akan terlihat pada seorang wanita yang diberi mahar barang mewah oleh pengantin laki-laki. Maka dari itu, kamu bisa mengikuti ide ini agar bisa untuk menyenangkan calon istrimu tersebut. Jangan lupa untuk membeli barang-barang mewah sesuai dengan keinginannya dan dengan harga dan kualitas yang bagus sebagai pengganti mahar uang.

Demikianlah beberapa hal mengenai mahar yang biasa digunakan oleh masyarakat dalam acara pernikahan. Dalam pemilihan mahar ini kamu harus menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki atau bisa juga dengan mengkomunikasikannya kepada calon pengantinmu agar apa yang kamu berikan tersebut mampu membuatnya senang dan bahagia.

Jika kamu tidak mampu untuk memberikan barang-barang mewah, maka kamu bisa mencoba salah satu mahar yang mungkin oleh sebagian anak muda di Indonesia sudah mulai diterapkan yaitu mahar lantunan ayat suci Al-Quran. Memang bukan mahar uang, tetapi pasti akan sangat berkesan.