Penting Gak Sih Seorang MC Pada Acara Pernikahan? Dan Gimana Cara Memilihnya?

Pernahkah kamu melihat sebuah pesta pernikahan tanpa kehadiran MC pernikahan? Bak sayur tanpa garam, pastinya acara akan berjalan dengan hambar.

Hal itu dikarenakan kehadiran Master Ceremony atau MC pernikahan memang sangat dibutuhkan. Tujuannya sendiri sangat banyak. Mulai dari mengatur jalannya acara, MC juga akan memeriahkan sehingga acara yang berlangsung tidak monoton.

Dalam artikel kali ini kamu akan disuguhi berbagai informasi penting terkait MC, sehingga kamu tidak lagi mengabaikan keberadaanya. Selain itu, artikel ini akan memperhitungkan betapa penting seorang MC untuk acara pernikahanmu.

MC Berbeda dengan Pembawa Acara

Mungkin selama ini kamu mengira bahwa MC dan pembawa acara adalah orang dengan peran sama. Padahal keduanya meskipun memang sama-sama akan berada di sebuah acara, namun terdapat perbedaan.

Pembawa acara yang kerap disingkat menjadi PA, lebih sering digunakan untuk mengawal acara-acara formal. Di antaranya yaitu acara-acara kenegaraan yang melibatkan tokoh-tokoh penting.

Di sini seseorang yang diutus menjadi pembawa acara, biasanya hanya akan membawakan acara sesuai dengan susunan acara, dan tidak dituntut untuk melakukan improvisasi. Bahasa yang digunakan pun biasanya bahasa baku dan formal, cenderung kaku.

Sementara MC adalah sebutan pada mereka yang juga membawakan acara. Namun biasanya MC diperuntukan pada beberapa acara non-formal, seperti konser musik, pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

MC yang tugasnya juga sama dengan pembawa acara, yaitu mengawal sebuah acara dari awal hingga akhir. Dituntut untuk mampu melakukan improvisasi, hingga memungkinkan untuk menghibur audiens, hingga membangkitkan semangat. MC juga kerap diminta untuk membawakan game atau kuis, dan lain sebagainya.

MC Pernikahan

mc pernikahan murah

Lalu, bagaimana dengan peran MC pernikahan? MC pernikahan pun bisa dibagi lagi menjadi dua. Pertama yaitu menggunakan MC akad nikah yang kemudian selanjutnya di acara resepsi bisa dipilih MC nikahan yang berbeda.

Meski tidak menutup kemungkinan ada juga MC yang mampu memahami dan menguasai prosesi akad nikah atau adat, namun juga lihai saat membawakan acara santai. Hal ini dapat berlaku sebaliknya.

Peran MC sangat penting dalam sebuah acara pernikahan. Ia yang kemudian akan memandu acara, mulai dari awal hingga akhir acara, hingga runutan acara tidak keluar dari susunan acara yang telah dirancang sebelumnya.

Selain mengendalikan acara dan mengontrol waktu, MC juga akan menghibur seluruh tamu yang hadir di acara pernikahan, dengan caranya sendiri. MC yang akan menentukan nyama tidaknya sebuah acara, hingga semua merasa tidak bosan dan senang berlama-lama di tempat tersebut.

Karakter MC yang Baik
mc pernikahan jakarta

Sebelum kamu menentukan MC pernikahan yang akan mengawangi acara istimewamu, sebaiknya kamu tahu betul bahwa seorang MC harus memiliki beberapa karakter tertentu. Di antaranya yaitu:

  • Berwawasan luas
  • Komunikatif
  • Supel dan luwes
  • Kreatif
  • Humoris
  • Penguasaan bahasa
  • Good looking
  • Bersuara bagus
  • Menguasai mic dengan baik

Karakter MC tersebut merupakan hal lumrah dan standar, bahkan karena harus memiliki suara yang sedap didengar. Tak jarang MC pun berasal dari para penyiar radio yang juga memiiki peran yang sama ketika mereka membawakan sebuah acara di radio. Sebab itu, tidak salah bila kamu menggunakan MC yang juga berasal dari radio yang kerap kamu dengarkan.

MC juga wajib berwawasan luas, karena bagaimana pun juga ialah yang akan mengendalikan jalannya sebuah acara. Sehingga ia juga memiliki kemampuan untuk mengolah acara hingga lebih baik bahkan menyenangkan.

Selain itu, MC juga sebaiknya tetap memiliki sikap yang baik, tidak sombong dan angkuh, sehingga siapa pun senang berbicara dengannya. Dan yang pasti menjunjung tinggi tanggung jawabnya. Ini juga yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih MC untuk acara pernikahanmu.

Di mana MC yang baik, harus datang sebelum acara di mulai, mengenakan pakaian yang sesuai dan sopan, memiliki cue card untuk acuannya sendiri, dan mampu mengaitkan satu acara ke acara lainnya dengan baik.

Lantas bagaimana caranya memilih MC yang tepat? Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.