Penting Gak Sih Seorang MC Pada Acara Pernikahan? Dan Gimana Cara Memilihnya?

Tips Memilih MC yang Tepat

  1. Kriteria

Tips pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan MC pernikahan mana yang akan digunakan adalah menentukan kriterianya. Bicarakan dengan pasangan atau keluarga lain yang lebih mengerti, bagaimana sebagai kriteria MC yang bisa digunakan pada acara pernikahanmu.

Ini juga bisa dikaitkan dengan tema pernikahan yang akan digelar. Berarti tentukan dulu tema pernikahan, baru kemudian mulai menyisir MC mana saja yang paling tepat untuk acara tersebut.

Jika kamu ingin pesta pernikahan tradisional dengan tata cara dan pakem yang ada, maka sebaiknay dipilih MC yang juga menguasai dengan baik, bahasa daerah yang akan digunakan. Tujuannya jelas, agar MC tidak salah ucap atau terhindar dari kesalah pahaman yang bisa saja terjadi karena tidak mengerti bahasa yang disampaikan.

Begitu juga bila pernikahan diselenggarakan dengan tema internasional dan sebagian besar tamu adalah mereka yang tidak menggunakan bahasa Indonesia, namun bahasa asing. Ini jelas, kamu harus memilih MC yang juga fasih bahasa asing tersebut.

Kamu harus ingat betul, bahwa ini adalah pesta pernikahan sekali seumur hidup, yang kamu pertaruhkan acara dan nama baikmu, dari tangan seorang MC.

  1. Budget

Berikutnya tip untuk mendapatkan MC yang tepat adalah dengan menentukan budget-nya. Semakin tinggi jam terbang seprang MC maka akan semakin mahal pula bayaran jasanya.

Untuk memudahkan pencarian, kamu bisa membuat daftar nama MC terlebih dahulu, kemudian mencari tahu rate dari masing-masing MC. Kemudian dari pemilihan ini biasanya akan mengerucut lebih kecil lagi, hingga akhirnya berada di batas fee yang sesuai.

Dari situ, baru tentukan MC mana yang akan digunakan dan pastikan juga sesuai dengan kriteria yang telah disebut di atas. Kisaran bayaran MC sendiri sebetulnya cukup beragam, mulai dari harga terendah Rp500 ribu hingga puluhan juta rupiah.

  1. Profesional

Ini dia tip ketiga yang juga wajib kamu pertimbangkan. Kamu harus memilih MC pernikahan yang bisa bersikap profesional. Keprofesionalannya sendiri bisa ditunjukkan ketika pertama kali kamu bertemu dan berbincang dengannya.

Selain itu, seorang profesional biasanya juga memiliki dokumentasi dan portofolio dirinya sendiri. Kamu juga bisa meminta MC tersebut untuk menunjukkan salah satunya, sebagai gambaran.

Cara mudah lainnya bisa juga kamu temuka di media sosial. Ya, media sosial saat ini memang bisa dijadikan kunci apakah seseorang terlihat bisa bekerja atas tigasnya atau tidak. Lebih mudah, bukan?

  1. Memiliki Selera Humor

Ya, ini juga yang wajib kamu perhatikan ketika memilih MC. Meskipun betul, bahwa acara pernikahan adalah acara yang sakral dan dituntut untuk serius, namun yakinlah, acara akan berlangsung membosankan dan monoton, bila terus berlangsung demikian.

Bahkan acara bisa terkesan garing dan akan dengan mudah dilupakan. Sementara buatmu, ini adalah momen terpenting dalam hidup yang wajib dan akan diingat sepanjang usia.

Karenanya, tidak akan pernah salah untuk memilih MC yang memiliki selera humor yang baik, tidak berlebihan dan masih bisa mengontrol acara dengan sangat tepat.

  1. Berwawasan Luas

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa memang kriteria seorang MC adalah wajib memiliki wawasan yang luas. Ini juga yang wajib kamu perhitungkan. Meskipun MC adalah orang yang humoris, luwes dan sering mengundang senyum, pastikan juga ia memiliki wawasan yang luas. Setidaknya, dari pengetahuan yang ia kuasai, ia tidak akan melemparkan lelucon yang basi atau yang bisa menyinggung perasaaan.

MC yang berwawasan luas juga akan diperlihatkan dari gayanya berbicara, pembawaan dirinya, hingga tingkat kepercayaan dirinya yang terlihat menonjol.

Itu dia beberapa tip yang bisa kamu pertimbangkan ketika akan memilih MC untuk acara pernikahanmu. Berikutnya, rekomendasi MC yang bisa kamu pilih yang berasal dari beberapa kota di tanah air.