Sempat Bangkrut dan Menganggur Selama 14 Tahun, Siapa Sangka Pria Ini Kini Sukses Sebagai Pengusaha Mualaf di Indonesia

“Memberi makan orang lain dan bersedekah tidak akan membuat kamu miskin,” sebuah kalimat dari orangtuanya yang selalu diingat oleh Jusuf Hamka. Banyak orang mengenal beliau sebagai pengusaha sukses di Indonesia. Walau dirinya disebut sukses, Jusuf Hamka juga pernah mengalami kesulitan hidup ketika bertahun-tahun beliau menjadi pengangguran.

Jusuf Hamka yang kini berusia 61 tahun merupakan seorang mualaf Tionghoa. Sejak kecil, beliau telah bekerja sebagai pedagang asongan di Jakarta sedangkan keluarganya tinggal di Samarinda. Jusuf Hamka menghabiskan masa kecil hingga remaja di pinggiran kota Jakarta. Beliau menjajakan dagangan berupa es mambo dan kacang di sekitar masjid Istiqlal.

Pekerjaan tersebut membuat Jusuf Hamka mempunyai banyak teman yang berasal dari penduduk pribumi pemeluk agama Islam. Dari merekalah, beliau sedikit-sedikit bertanya tentang agama Islam. Apa itu sholat dan untuk apa sholat, mulanya Jusuf Hamka hanya sekedar ingin tahu. Namun lama kelamaan Jusuf Hamka mulai jatuh cinta dengan Islam.

Di usianya yang 17, Jusuf pulang ke kampung halamannya di Samarinda. Ketika beliau bertemu dengan teman-teman masa kecilnya yang mengetahui kecintaan Jusuf kepada Islam membuat mereka mengajak Jusuf masuk Islam. Namun saat itu Jusuf belum memutuskan untuk masuk karena ketakutannya di khitan. Tapi akhirnya beliau memberanikan diri sebagai salah satu syarat memeluk agama Islam.