Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?

Must Try

Mertua susah dimengerti, banyak permintaan, dan bikin stres.
Pilih bertahan dengan keadaan atau ada cara lain untuk lepas dari jeratan?

Tinggal bareng satu rumah dengan mertua atau orang tua dari suami, menurut beberapa teman TS yang sudah menikah katanya benar-benar menjadi sebuah ujian berat dalam pernikahan.

Tidak sedikit para istri yang mengeluhkan sikap mertua yang semena-mena dan sering menyindir saat sesuatu yang dikerjakan oleh menantunya tidak sesuai dengan kemauan mereka, bahkan juga tidak jarang ada mertua yang kemudian membandingkan menantunya dengan mantan pacar dari anaknya atau juga menantu tetangganya.

Memang konflik di dalam rumah tangga baru, yang mana suami istri masih tinggal dengan salah satu orang tua atau mertua ini sangat kompleks GanSis. Akan selalu ada masalah setiap hari mulai dari yang sepele sampai dengan masalah-masalah besar.

Tentu tidak semua mertua itu jahat, hanya saja memang ada mertua yang hobi mengatur, menunjukkan banyak pekerjaan, atau mengomentari pekerjaan dari menantunya.

Ketika masalah ini datang, lalu apa yang bisa dilakukan oleh si menantu agar mereka bisa keluar dari belenggu mertua kurang pengertian?

Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Agan Sista pilih sebelum stres akut dan berlanjut.

Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?

1. Ngobrol Serius Suami Istri

Maksut dari ngobrol serius antara suami dan istri disini bertujuan untuk mencari jalan keluar terbaik saat mertua yang rumahnya masih ditumpangi mau mengerti kekurangan menantunya.

Jika yang cerewet atau memberikan tekanan adalah orang tua dari laki-laki maka akan lebih baik jika si suami yang menjelaskan kepada orang tuanya untuk tidak terlalu mengekang istrinya atau berbicara yang baik saat menyuruh atau ada pekerjaan yang kurang tepat untuk dilakukan, begitupun sebaliknya jika tinggal di rumah orang tua istri.

2. Nurut dan Sabar

Menjadi seorang istri atau suami yang selalu dinyinyiri atau mendapatkan banyak protes dari mertua biasanya karena memang sebagai menantu masih ada kurang disana-sini GanSis. Saat ini memang banyak anak muda yang belum paham tugas dan peran untuk menjadi suami atau istri, itulah sebabnya para mertua sering dibuat emosi.

Ikuti atau nurut apa yang dimau oleh mertua, terima semuanya dengan sabar dan pahami apa kemauan mereka, ketika Agan Sista sudah paham apa yang mertua mau pasti mereka tidak akan lagi memberikan protes, menyindir, atau membandingkan.

3. Minta Nasihat

Selain ngobrol serius dengan suami atau istri, saat Agan atau Sista mendapatkan perlakuan kurang baik dari mertua akan lebih baik jika GanSis menanyakan langsung kepada mertua kalian untuk nasihat yang baik dan apa yang harus kalian lakukan agar tidak salah dimata mereka.

Cara ini untuk memancing mertua mengeluarkan segala unek-unek mereka kepada Agan Sista. Ketika semuanya sudah keluar, maka perbaiki apa yang menurut mereka salah atau kurang benar.

4. Rumah Sendiri

Jika memang beberapa cara dilakukan tidak dapat merubah keadaan atau sikap mertua untuk menjadi lebih baik, maka Agan Sista bisa memilih untuk tinggal sendiri atau ngontrak jika memang belum bisa membeli rumah sendiri.

Bukan maksut menelantarkan orang tua, cara ini dilakukan agar rumah tangga tetap aman dan tidak lagi ada percekcokan antara menantu dan mertua yang bisa mengakibatkan pada rusaknya rumah tangga.

Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?

Itulah GanSis beberapa cara untuk mengatasi mertua yang sering protes, banyak kritik, sering membandingkan, atau menjelekkan.

Memang berat untuk dapat menerima begitu saja omongan yang kurang baik dari mertua, namun mau tidak mau Agan Sista harus bisa bertahan agar rumah tangga kalian tidak rusak berantakan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil oleh Agan Sista semua.

Tinggal Satu Rumah Bareng Mertua Bikin Stres, Bertahan dengan Keruwetan atau Mundur?

Trending Topic

Baca Juga: