7 Tips Penting Dalam Menentukan Venue Pernikahan

Restu sudah dikantongi, tanggal serta konsep pernikahan pun sudah disepakati oleh kedua belah pihak keluarga. Maka tugas berikut yang sudah menanti Anda dan pasangan adalah mencari venue pernikahan yang sesuai dengan konsep yang sudah disepakati bersama tadi.

Tugas yang gampang-gampang susah, karena bila Anda salah memilih venue, konsep yang sudah Anda impikan selama ini pun sulit untuk terwujud. Oleh karena itu, perhatikan langkah-langkah berikut ini dalam menentukan venue untuk pernikahan Anda.

Pullman Jakarta Indonesia

  1. Tentukan konsep dan budget

Konsep pernikahan secara garis besar mungkin sudah Anda sepakati bersama keluarga, namun Anda berdua perlu membuatnya lebih terperinci lagi. Tema apa yang akan diangkat? Apakah akan digelar secara indoor atau outdoor? Apakah sesuai dengan bujet yang tersedia?

Pertimbangkan juga para tamu yang akan diundang, terutama para kerabat dan rekanan bisnis kedua belah pihak orang tua. Apakah mereka akan nyaman dengan tema yang Anda berdua tentukan. Setelah ditentukan dengan jelas tema dan konsep yang akan diangkat, Anda dapat mencari venue yang sesuai dengan konsep tersebut.

  1. Pilih venue dengan lokasi terjangkau

Menggelar pesta pernikahan tentu berarti Anda ingin berbagi kebahagiaan dengan kerabat. Karenanya, usahakan memilih venue yang tidak terlalu sulit dijangkau. Untuk pesta pernikahan outdoor memang terkadang lokasinya sedikit jauh dan bukan di tengah kota.

Bila Anda sudah sangat jatuh cinta pada venue tersebut, perkirakan waktu perjalanan yang harus ditempuh para tamu ke lokasi pernikahan Anda. Lalu sesuaikan dengan waktu dimulainya pesta, untuk menghindari para tamu datang terlambat ke pesta Anda.

  1. Survey lokasi

Sebelum memutuskan untuk memesan salah satu venue, terlebih dulu datang dan lihat sendiri venue yang Anda inginkan. Tanyakan fasilitas apa saja yang disediakan. Tanyakan setiap detil yang perlu untuk Anda ketahui.

Misalnya, apakah tanggal yang Anda inginkan masih available? Apakah ada biaya lain yang harus dikeluarkan? Berapa lama waktu yang diijinkan untuk mempersiapkan dekorasi? Jangan lupa tanyakan juga mengenai back-up plan. Misalnya jika listrik padam, apakah ada persediaan pembangkit listrik.

Sementara untuk venue dengan konsep outdoor, tanyakan apakah ada tempat yang bisa digunakan ketika hujan turun. Apakah venue tersebut menyediakan tenda, ini perlu ditanyakan sebagai bahan informasi bagi vendor dekorasi nantinya.

Selain itu, bila Anda berniat mengundang banyak tamu, pastikan venue yang Anda pilih memiliki tempat parkir yang memadai.

    4. Ketahui siapa saja vendor rekanan yang terdaftar

Beberapa venue memiliki kerjasama dengan beberapa vendor rekanan, baik itu katering, dekorasi, hingga fotografi dan lainnya. Venue yang memiliki vendor rekanan biasanya mengharuskan kita menggunakan jasa vendor rekanan tersebut bila ingin menggelar pernikahan di sana.

Pelajari baik-baik siapa saja vendor yang menjadi rekanan venue tersebut. Pastikan mereka memiliki rekam jejak yang baik. Apabila Anda sudah memiliki pilihan sendiri dan ingin menggunakan jasa vendor tersebut, tanyakan apakah ada biaya yang harus dibayarkan sebagai konsekuensi?

Dan, bila tidak memungkinkan untuk tetap menggunakan jasa vendor pilihan Anda, sebaiknya beralih ke venue lain yang lebih fleksibel, atau cari venue dimana vendor kepercayaan Anda tersebut menjadi rekanan, dan sekali lagi pastikan bahwa venue tersebut sesuai dengan konsep pernikahan Anda.

  1. Segera lakukan pemesanan

Bila Anda sudah menemukan venue yang tepat, segera lakukan pemesanan agar tanggal yang Anda inginkan tidak diisi terlebih dulu oleh orang lain. Menurut keterangan beberapa pengurus venue, calon pengantin biasanya memesan sekitar 12 bulan sebelum acara.

Jadi kalau Anda menunggu dan mengulur-ulur waktu, bukan tidak mungkin tanggal yang tadinya masih kosong sudah diisi oleh calon pengantin yang lain. Akibatnya, Anda harus bersusah payah mencari lagi venue yang lain, yang bahkan mungkin tidak sesuai dengan bayangan Anda semula.

Selain itu, harga venue juga cenderung lebih murah bila Anda memesan jauh-jauh hari dibandingkan ketika acara sudah dekat.

     6. Lakukan Technical Meeting di venue Anda

Setiap calon pengantin biasanya menggelar technical meeting sebelum pernikahan. Lakukan technical meeting ini di venue dimana Anda akan menggelar pesta pernikahan. dengan demikain para vendor dapat mempelajari venue tersebut sebelum hari-H.

  1. Datang ke venue

Langkah terakhir adalah, datang sekali lagi 1-2 hari sebelum hari-H untuk memastikan semua aman, berjalan dengan sempurna sesuai rencana.

Selamat berburu venue, semoga Anda mendapatkan venue yang sesuai, sehingga impian Anda dapat terwujud di hari yang paling membahagiakan.